Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi pemilihan metode nilai wajar properti investasi pada perusahaan di Bursa Efek Indonesia

Hendrata, Novy Tandi (2017) Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi pemilihan metode nilai wajar properti investasi pada perusahaan di Bursa Efek Indonesia. Undergraduate thesis, Widya Mandala Catholic University Surabaya.

[thumbnail of ABSTRAK]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (157kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (144kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (268kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (326kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5]
Preview
Text (BAB 5)
BAB 5.pdf

Download (168kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (443kB) | Request a copy

Abstract

Properti investasi adalah properti berupa tanah atau bangunan yang dikuasai oleh pemilik melalui sewa pembiayaan untuk menghasilkan rental atau untuk kenaikan nilai dan tidak untuk digunakan dalam produksi. Pada awalnya pengukuran properti investasi harus menggunakan metode biaya, namun setelah adanya konvergensi IFRS dalam PSAK No. 13 tahun 2007 muncul alternatif lain dalam pengukuran properti investasi yaitu menggunakan metode nilai wajar. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh ukuran perusahaan, perlindungan terhadap kreditor, dan asimetri informasi terhadap pemilihan metode nilai wajar properti investasi. Desain penelitian adalah kuantitatif menggunakan hipotesis. Jenis data yang digunakan adalah data kuantitatif berupa laporan keuangan dan harga pasar saham closing per 31 Desember tahun 2011-2015. Sumber data diperoleh dari website BEI dan website Yahoo Finance berupa data sekunder. Metode pengumpulan data adalah dokumentasi. Objek penelitian adalah 533 perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2011-2015. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi logistik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ukuran perusahaan, perlindungan terhadap kreditor, dan asimetri informasi tidak berpengaruh signifikan terhadap pemilihan metode nilai wajar properti investasi pada perusahaan sektor properti dan real estat. Ukuran perusahaan dan perlindungan terhadap kreditor berpengaruh signifikan positif sedangkan asimetri informasi tidak berpengaruh signifikan terhadap pemilihan metode nilai wajar properti investasi pada perusahaan sektor non properti dan real estat.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: ["eprint_fieldopt_department_Faculty of Business" not defined]
Uncontrolled Keywords: Pemilihan Metode Nilai Wajar, Properti Investasi, Perusahaan di BEI
Subjects: Business > Accounting
Divisions: Faculty of Business > Accounting Undergraduate Study Program
Depositing User: Users 3961 not found.
Date Deposited: 13 Feb 2017 03:50
Last Modified: 13 Mar 2017 11:29
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/10106

Actions (login required)

View Item View Item