Soegiarto, Richard (2006) Pertimbangan Etika Iklan Dalam Menetapkan Strategi Pemasaran. Undergraduate thesis, Widya Mandala Catholic University Surabaya.
Preview |
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf Download (189kB) | Preview |
Preview |
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf Download (123kB) | Preview |
Text (BAB 2)
BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (385kB) |
|
Preview |
Text (BAB 3)
BAB 3.pdf Download (328kB) | Preview |
Preview |
Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
lklan merupakan bagian dan strategi pemasaran sebab iklan ada dalam bauran pemasaran yang selama ini ada dalam kombinasi bauran pemasaran untuk diimplementasikan sebagai strategi pemasaran perusahaan. Kedudukan iklan dalam strategi pemasaran berada dalam bagian promosi yang merupakan satu dari bauran pemasaran (bauran pemasaran yang lain adalah produk, harga dan tempat). Seringkali dalam penggunaan iklan untuk strategi pemasaran, perusahaan mengesampingkan nilai etika di mana iklan hanya digunakan untuk menghasilkan keuntungan yang maksimal bagi perusahaan tanpa memperhatikan kepentingan yang lain. Tidak adanya pertimbangan etika iklan dalam menetapkan strategi pemasaran umumnya akan mendatangkan kerugian bagi perusahaan yang bersangkutan. Keuntungan perusahaan yang umumnya tidak memperhatikan etika iklan hanya pada saat sekarang saja tetapi di masa mendatang akan merugikan perusahaan sebab perusahaan yang tidak memperhatikan etika iklan akan membuat konsumen dan masyarakat luas tidak memberikan dukungan bahkan akan mengajukan gugatan berupa denda yang merugikan perusahaan bahkan mengancam dicabutnya ijin usaha sehingga perusahaan harus tutup. Pengukuran tentang iklan etis atau tidak etis sangat sulit dan subyektif. Untuk mengatasi kelemahan ini, Komisi Periklanan Indonesia menetapkan bahwa iklan yang etis adalah iklan yang (1) jujur, bertanggung jawab, dan tidak bertentangan dengan hukum yang berlaku, (2) tidak boleh menyinggung perasaan dan merendahkan martabat negara, agama, tata susila, adat, budaya, suku, dan golongan, dan (3) dijiwai oleh asas persaingan yang sehat. Adanya penetapan ini diharapkan membantu pengusaha iklan untuk membuat iklan yang etis dalam rangka melaksanakan strategi pemasaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Department: | ["eprint_fieldopt_department_Faculty of Business" not defined] |
Subjects: | Business > Management |
Divisions: | Faculty of Business > Management Undergraduate Study Program |
Depositing User: | Josefine Hira Eksi |
Date Deposited: | 20 Jan 2015 07:31 |
Last Modified: | 20 Jan 2015 07:31 |
URI: | http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/1011 |
Actions (login required)
View Item |