Pengaruh pembagian dividen terhadap kualitas laba pada perusahaan properti dan real estat di Bursa Efek Indonesia periode 2011-2015

Funome, Meylisa Nengsi (2017) Pengaruh pembagian dividen terhadap kualitas laba pada perusahaan properti dan real estat di Bursa Efek Indonesia periode 2011-2015. Undergraduate thesis, Widya Mandala Catholic University Surabaya.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (886kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (199kB) | Preview
[img] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (474kB)
[img] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (437kB)
[img] Text (BAB 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (499kB)
[img]
Preview
Text (BSB 5)
BAB 5.pdf

Download (355kB) | Preview
[img] Text (LAMPIRAN)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (380kB)

Abstract

Laba merupakan faktor penting yang digunakan untuk pengambilan keputusan dalam laporan keuangan karena dapat digunakan untuk mengukur earning power dan mengevaluasi kinerja manajemen. Oleh sebab itu laba harus berkualitas. Kualitas laba dapat dipengaruhi oleh pembagian dividen karena untuk membagikan dividen tunai membutuhkan aliran kas yang sesungguhnya. Laba yang berkualitas adalah laba yang dapat menggambarkan kinerja keuangan perusahaan yang sesungguhnya. Oleh karena itu tujuan penelitian adalah menguji dan menganalisis pengaruh pembagian dividen terhadap kualitas laba. Desain penelitian adalah kuantitatif dengan hipotesis. Jenis data yang digunakan adalah data kuantitatif berupa laporan keuangan dan harga saham, dimana berupa data sekunder. Objek penelitian adalah perusahaan propeti dan real estat yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2011-2015. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa presentase dividen berpengaruh positif signifikan terhadap kualitas laba, sedangkan kenaikan dividen dan persistensi dividen tidak berpengaruh signifikan terhadap kualitas laba. Penelitian ini juga membuktikan bahwa ukuran perusahaan, prospek pertumbuhan eksternal, prospek pertumbuhan internal dan firm’s maturity tidak berpengaruh signifikan terhadap kualitas laba, sedangkan struktur hutang dan volatilitas arus kas operasi berpengaruh positif signifikan terhadap kualitas laba.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: ["eprint_fieldopt_department_Faculty of Business" not defined]
Uncontrolled Keywords: Kualitas Laba, Pembagian Dividen
Subjects: Business > Accounting
Divisions: Faculty of Business > Accounting Undergraduate Study Program
Depositing User: Users 25 not found.
Date Deposited: 13 Feb 2017 03:20
Last Modified: 13 Feb 2017 03:20
URI: http://repository.wima.ac.id/id/eprint/10113

Actions (login required)

View Item View Item