Pengaruh kinerja lingkungan terhadap kinerja keuangan perusahaan dengan pengungkapan informasi lingkungan sebagai variabel mediasi

Makalew, Stevani Imelda Yoanita (2017) Pengaruh kinerja lingkungan terhadap kinerja keuangan perusahaan dengan pengungkapan informasi lingkungan sebagai variabel mediasi. Undergraduate thesis, Widya Mandala Catholic University Surabaya.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (569kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (125kB) | Preview
[img] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (529kB)
[img] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (396kB)
[img] Text (BAB 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (471kB)
[img]
Preview
Text (BAB 5)
BAB 5.pdf

Download (113kB) | Preview
[img] Text (LAMPIRAN)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (469kB)

Abstract

Kinerja lingkungan dalam perusahaan sangat penting karena dapat mengetahui apakah kinerja perusahaan dalam mengelola lingkungan sudah sesuai dengan aturan dan tidak membuat pencemaran lingkungan sekitar. Kinerja lingkungan yang baik dalam setiap perusahaan akan membuat perusahaan lebih banyak mengungkapkan informasi-informasi yang berkenaan dengan lingkungan. Melalui pengungkapan informasi lingkungan tersebut dapat memudahkan para stakeholder atau pihak lainnya mengetahui informasi kinerja perusahaan dalam pengelolaan lingkungan. Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji dan menganalisis pengaruh kinerja lingkungan terhadap kinerja keuangan perusahaan dengan pengungkapan informasi lingkungan sebagai variabel mediasi. Kinerja lingkungan diukur dengan menggunakan PROPER (Program Penilaian Peringkat Kinerja Lingkungan Perusahaan) oleh Kementrian Lingkungan Hidup, kinerja keuangan perusahaan diukur dengan menggunakan proksi ROA (Return On Assets) dan pengungkapan informasi lingkungan diukur dengan menggunakan indeks GRI 4 dengan 34 item pengukuran aspek lingkungan. Populasi dari penelitian ini adalah perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia yang mengikuti PROPER tahun 2013-2015. Sampel penelitian adalah 38 perusahaan, menggunakan purposive sampling sebagai metode pengambilan sampel dan analisis regresi sebagai teknik analisis data. Hasil pengujian adalah kinerja lingkungan tidak berpengaruh signifikan terhadap kinerja keuangan perusahaan secara langsung, kinerja lingkungan terhadap pengungkapan informasi lingkungan berpengaruh signifikan terhadap kinerja keuangan perusahaan. Kinerja lingkungan terhadap kinerja keuangan perusahaan mempunyai pengaruh yang signifikan secara tidak langsung melalui pengungkapan informasi lingkungan sebagai variabel mediasi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: ["eprint_fieldopt_department_Faculty of Business" not defined]
Uncontrolled Keywords: Kinerja Lingkungan, Kinerja Keuangan Perusahaan, Pengungkapan Informasi Lingkungan
Subjects: Business > Accounting
Divisions: Faculty of Business > Accounting Undergraduate Study Program
Depositing User: Users 4061 not found.
Date Deposited: 16 Feb 2017 03:57
Last Modified: 20 Feb 2017 03:12
URI: http://repository.wima.ac.id/id/eprint/10196

Actions (login required)

View Item View Item