Analisis relevansi nilai pajak tangguhan setelah perubahan tarif pajak tahun 2010 untuk perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI

Pranata, Hans (2016) Analisis relevansi nilai pajak tangguhan setelah perubahan tarif pajak tahun 2010 untuk perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI. Undergraduate thesis, Widya Mandala Catholic University Surabaya.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (564kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
BAB I.pdf

Download (213kB) | Preview
[img] Text (BAB 2)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (356kB)
[img] Text (BAB 3)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (231kB)
[img] Text (BAB 4)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (260kB)
[img]
Preview
Text (BAB 5)
BAB V.pdf

Download (98kB) | Preview
[img] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (512kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis relevansi nilai pajak tangguhan setelah perubahan tarif pajak tahun 2010. Pengujian relevansi nilai dilakukan dengan menggunakan model Feltham dan Ohlson (1995) yang dikembangkan. Populasi penelitian ini adalah perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia selama enam tahun pengamatan dari tahun 2010-2015. Perusahaan manufaktur yang dijadikan sebagai sampel dalam penelitian ini dipilih dengan menggunakan teknik purposive sampling dan menghasilkan total sampel sebanyak 55 perusahaan. Variabel independen penelitian ini adalah pajak tangguhan neto, sedangkan variabel dependen adalah relevansi nilai yang diproksikan dengan harga saham penutupan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa informasi pajak tangguhan tidak memiliki relevansi nilai bagi investor sebagai pengambilan keputusan. Pajak tangguhan tidak memiliki relevansi nilai meskipun setelah perubahan tarif pajak tahun 2010 dikarenakan investor tidak menilai kembali invetasinya dengan alasan bahwa pajak tangguhan memiliki tingkat ketidakpastian yang cukup tinggi sehingga informasi pajak tangguhan tidak dijadikan pertimbangan untuk pengambilan keputusan meskipun terjadi perubahan undang-undang perpajakan yang signifikan. Reaksi investor terhadap informasi laporan keuangan untuk memprediksi return saham di masa yang akan datang tidak terlalu memperhatikan informasi yang berkaitan dengan pajak tangguhan dapat dikarenakan perhatian investor terhadap informasi yang berkaitan dengan aset yang dimiliki perusahaan untuk menghasilkan laba. Investor akan menggunakan laba tersebut untuk pengambilan keputusan investasinya dan kebermanfaatan laba dapat diukur dari hubungan antara laba dan harga saham dimana laba akan menentukan harga saham sehingga bermanfaat bagi investor.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: ["eprint_fieldopt_department_Faculty of Business" not defined]
Uncontrolled Keywords: Relevansi nilai, pajak tangguhan, perubahan tarif pajak
Subjects: Business > Accounting
Divisions: Faculty of Business > Accounting Undergraduate Study Program
Depositing User: Users 3848 not found.
Date Deposited: 16 Feb 2017 03:52
Last Modified: 16 Feb 2017 03:52
URI: http://repository.wima.ac.id/id/eprint/10227

Actions (login required)

View Item View Item