Strategi komunikasi meminimalkan ketegangan budaya (Studi kasus strategi komunikasi meminimalkan ketegangan budaya pada anggota barongsai MAKIN Boen Bio Surabaya)

Surya, Marvelina Taneka (2017) Strategi komunikasi meminimalkan ketegangan budaya (Studi kasus strategi komunikasi meminimalkan ketegangan budaya pada anggota barongsai MAKIN Boen Bio Surabaya). Undergraduate thesis, Widya Mandala Catholic University Surabaya.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
Cover.pdf

Download (673kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
Bab I.pdf

Download (305kB) | Preview
[img] Text (BAB 2)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (260kB)
[img] Text (BAB 3)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (298kB)
[img] Text (BAB 4)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (582kB)
[img]
Preview
Text (BAB 5)
Bab V.pdf

Download (348kB) | Preview
[img] Text (LAMPIRAN)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (515kB)

Abstract

Barongsai merupakan salah satu olahraga yang dilakukan oleh etnis Tionghoa di Indonesia. Barongsai dimainkan oleh anggota yang berasal dari etnis Tionghoa, akan tetapi adanya perubahan aturan dari pemerintah membuat barongsai dikenal dan dimainkan oleh anggota yang berasal dari etnis Jawa dan etnis Madura. Kekompakan dibutuhkan dalam permainan barongsai, oleh sebab itu dibutuhkan komunikasi antar para anggota satu sama lain. Munculnya ketegangan saat para anggota barongsai berhubungan dan berkomunikasi disebabkan adanya perbedaan latar belakang etnis. Hal ini dapat diatasi apabila mereka mampu menangani ketegangan yang muncul agar ketegangan yang terjadi diantara mereka tidak menjadi besar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui macam-macam ketegangan dan strategi yang digunakan oleh para anggota barongsai yang memiliki latar belakang etnis yang berbeda. Anggota barongsai yang menjadi informan dalam penelitian ini adalah anggota Barongsai MAKIN Boen Bio Surabaya. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Data penelitian ini didapatkan melalui wawancara dan observasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa strategi yang digunakan oleh para anggota barongsai dalam meminimalisir ketegangan budaya adalah cyclic alternation, selection, dan intergration (disqualifying).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: ["eprint_fieldopt_department_Faculty of Communication Science" not defined]
Uncontrolled Keywords: Anggota Barongsai, Ketegangan, Strategi Meminimalkan Ketegangan Budaya
Subjects: Communication Science
Divisions: Faculty of Communication Science > Communication Science Study Program
Depositing User: Users 4094 not found.
Date Deposited: 20 Feb 2017 02:39
Last Modified: 20 Feb 2017 02:39
URI: http://repository.wima.ac.id/id/eprint/10348

Actions (login required)

View Item View Item