Pengaruh profesionalisme auditor terhadap pertimbangan tingkat materialitas dalam proses audit laporan keuangan

Ginting, Reisiana (2017) Pengaruh profesionalisme auditor terhadap pertimbangan tingkat materialitas dalam proses audit laporan keuangan. Undergraduate thesis, Widya Mandala Catholic University Surabaya.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (540kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (159kB) | Preview
[img] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (231kB)
[img] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (188kB)
[img] Text (BAB 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (457kB)
[img]
Preview
Text (BAB 5)
BAB 5.pdf

Download (135kB) | Preview
[img] Text (LAMPIRAN)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (157kB)

Abstract

Laporan keuangan merupakan suatu bentuk informasi yang dibutuhkan oleh pemegang saham sebagai dasar dalam membuat keputusan. Laporan keuangan dalam perusahaan dibuat oleh pihak manajemen perusahaan dan perlu diauditoleh pihak ketiga. Dalam hal ini,pihak ketiga adalah auditor eksternal. Para auditor eksternal dalam melakukan pekerjaannya harus berdasarkan Standar Audit salah satunya adalah melakukan perencaan audit. Ada tujuh tahap dalam melakukan perencanaan audit, namun dalam penelitian ini hanya akan membahas tahap pertimbangan tingkat materialitas. Salah satu faktor auditor yang mempengaruhi pertimbangan tingkat materialitas adalah profesionalisme auditor. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh profesionalisme auditor terhadap pertimbangan tingkat materialitas dalam proses audit laporan keuangan. Lima dimensi untuk mengukur perofesionalisme auditor yaitu pengabdian pada profesi, kewajiban sosial, kemandirian, keyakinan terhadap profesi, dan hubungan dengan rekan seprofesi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengabdian pada profesi dan hubungan dengan rekan seprofesi memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap pertimbangan tingkat materialitas. Kewajiban sosial memiliki pengaruh yang positif namun tidak signifikan terhadap pertimbangan tingkat materialitas. Kemandirian dan keyakinan terhadap profesi memiliki pengaruh yang negatif dan tidak signifikan terhadap pertimbangan tingkat materialitas.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: ["eprint_fieldopt_department_Faculty of Business" not defined]
Uncontrolled Keywords: Pertimbangan Tingkat Materialitas, Profesionalisme Auditor, Pengabdian pada Profesi, Kewajiban Sosial, Kemandirian, Keyakinan terhadap Profesi, Hubungan dengan Rekan Seprofesi
Subjects: Business > Accounting
Divisions: Faculty of Business > Accounting Undergraduate Study Program
Depositing User: Users 4120 not found.
Date Deposited: 20 Feb 2017 02:33
Last Modified: 20 Feb 2017 02:33
URI: http://repository.wima.ac.id/id/eprint/10367

Actions (login required)

View Item View Item