Rancangan Prosedur Operasi Standar(POS) pada koperasi karyawan Widya Mandala Surabaya

Mau Bere, Theodorus Sukabi (2017) Rancangan Prosedur Operasi Standar(POS) pada koperasi karyawan Widya Mandala Surabaya. Undergraduate thesis, Widya Mandala Catholic University Surabaya.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (557kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (280kB) | Preview
[img] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (309kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (48kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text (BAB 5)
BAB 5.pdf

Download (282kB) | Preview
[img] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Setiap kegiatan operasional koperasi membutuhkan suatu aktivitas pengendalian. Aktivitas pengendalian akan mengarahkan setiap individu dalam koperasi untuk bekerja dengan baik dengan tujuan meminimalisasi kesalahan yang tidak disengaja maupun yang disengaja. Salah satu bagian dari aktivitas pengendalian yang biasanya terdapat di setiap perusahaan dan juga termasuk koperasi adalah Prosedur Operasional Standar (POS). POS merupakan bagian dari aktivitas pengendalian karena berisi serangkaian kerja operasional yang dibuat secara detail dan terperinci bagi semua karyawan agar berjalan efektif sesuai dengan misi, visi, dan tujuan suatu perusahaan. Koperasi Karyawan Widya Mandala beroperasi tanpa menggunakan POS. Aktivitas operasional koperasi yang berfokus pada pendapatan dan pengeluaran berjalan tanpa adanya suatu aturan yang tertulis. Hal ini akan berdampak pada tumpang tindih tugas dan tanggung jawab karena tidak ada kejelasan yang tertulis. Setiap kegiatan operasional koperasi bertanggung jawab pada modal yang berasal dari anggota koperasi. Oleh karena itu, Koperasi Karyawan Widya Mandala membutuhkan POS untuk mengurangi risiko dalam menjalankan kegiatan operasional koperasi. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yakni studi kasus pada Koperasi Karyawan Widya Mandala Surabaya. Data yang akan dipakai adalah data primer yakni data yang didapat langsung dari koperasi dengan cara wawancara dan observasi. Hasil penelitian berupa rancangan POS yakni berdasarkan saran-saran perbaikan atas siklus pendapatan dan siklus pengeluaran pada unit simpan pinjam, unit toko koperasi dan unit pujasera. Rancangan POS berisi struktur organisasi, tugas dan tanggung jawab pengurus dan karyawan koperasi, bagan alir dan penjelasannya dan dokumen yang terkait dengan siklus pendapatan dan siklus pengeluaran di unit simpan pinjam, unit toko koperasi dan unit pujasera.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: ["eprint_fieldopt_department_Faculty of Business" not defined]
Uncontrolled Keywords: Aktivitas pengendalian, Prosedur Operasional Standar (POS), siklus pendapatan, siklus pengeluaran
Subjects: Business > Accounting
Divisions: Faculty of Business > Accounting Undergraduate Study Program
Depositing User: Users 3967 not found.
Date Deposited: 20 Feb 2017 02:38
Last Modified: 20 Feb 2017 02:38
URI: http://repository.wima.ac.id/id/eprint/10376

Actions (login required)

View Item View Item