Peran sumber daya potensial dan teknologi terhadap strategi diferensiasi untuk mencapai keunggulan bersaing yang berkelanjutan (study pada industri kreatif sub-sektor kerajinan keramik di Yogyakarta)

Uktolseya, Frisilya Isti (2017) Peran sumber daya potensial dan teknologi terhadap strategi diferensiasi untuk mencapai keunggulan bersaing yang berkelanjutan (study pada industri kreatif sub-sektor kerajinan keramik di Yogyakarta). Masters thesis, Widya Mandala Catholic University Surabaya.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (644kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (25kB) | Preview
[img] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (350kB)
[img] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (164kB)
[img] Text (BAB 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (509kB)
[img]
Preview
Text (BAB 5)
BAB 5.pdf

Download (165kB) | Preview
[img] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (529kB)

Abstract

Peningkatan jumlah wisatawan setiap tahunnya, berbanding lurus dengan pertumbuhan industri kreatif di Yogyakarta yang semakin pesat. Pertumbuhan yang pesat menimbulkan persaingan di antara pelaku industri kreatif, sehingga pengusaha harus mampu bertahan dalam industri ini melalui keunggulan bersaing. Agar mampu mencapai keunggulan bersaing perusahaan harus secara matang dan tepat menerapkan strategi persaingan, adapun strategi yang dapat diambil dan digunakan adalah strategi diferensiasi (Porter, 1980). Strategi diferensiasi dapat diperoleh melalui sumber daya potensial yang dimiliki perusahaan, yang antara lain adalah orientasi pasar, inovasi, dan pembelajaran organisasi serta pemanfaatan teknologi. Sumber daya potensial dan Teknologi merupakan faktor utama yang harus dipertimbangkan untuk mencapai keunggulan bersaing yang berkelanjutan. Penelitian ini dilakukan untuk mengeksplorasi peran orientasi pasar, inovasi, pembelajaran organisasi dan teknologi terhadap strategi diferensiasi untuk mencapai keunggulan bersaing yang berkelanjutan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik purposive sampling yang melibatkan 10 informan perusahaan pada industri keramik di Kasongan yang terdiri dari pemimpin dan karyawan. Data penelitian diperoleh dari hasil wawancara dengan menggunakan kuesioner yang terdiri dari pertanyaan-pertanyaan wawancara serta hasil observasi langsung peneliti. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sumber daya potensial dan teknologi berperan terhadap strategi diferensiasi untuk mencapai keunggulan bersaing yang berkelanjutan. Strategi diferensiasi dapat dilakukan jika perusahaan memiliki orientasi terhadap pasar baik itu orientasi pesaing atau orientasi pelanggan, dengan demikian perusahaan dapat melakukan inovasi sesuai dengan permintaan pasar dan menghasilkan produk yang lebih unggul dari pesaing. Inovasi yang dilakukan harus didukung oleh pembelajaran organisasi dan teknologi, sehingga dapat mempengaruhi strategi diferensiasi untuk mencapai keunggulan bersaing yang berkelanjutan.

Item Type: Thesis (Masters)
Department: ["eprint_fieldopt_department_Graduate School" not defined]
Uncontrolled Keywords: Sumber Daya Potensial, Teknologi, Diferensiasi, Keunggulan Bersaing, Industri Kreatif
Subjects: Business > Strategic Management
Divisions: Graduate School > Master Program in Management
Depositing User: Users 4139 not found.
Date Deposited: 28 Feb 2017 02:43
Last Modified: 17 May 2017 06:01
URI: http://repository.wima.ac.id/id/eprint/10440

Actions (login required)

View Item View Item