Literature Review: Intervensi Keperawatan Terkini untuk Meningkatkan Pengetahuan dan Tindakan Masyarakat dalam Pencegahan/Pengendalian Malaria

Sari, Ni Putu Wulan Purnama and Fernatubun, Juliana Fransina Dominika and Mare, Yohanita Bea and Fi, Sisilia Novilia (2016) Literature Review: Intervensi Keperawatan Terkini untuk Meningkatkan Pengetahuan dan Tindakan Masyarakat dalam Pencegahan/Pengendalian Malaria. Jurnal Kesehatan Hesti Wira Sakti, 4 (1). pp. 78-93. ISSN 2302-4283

[img]
Preview
Text (Literature Review: Intervensi Keperawatan Terkini untuk Meningkatkan Pengetahuan dan Tindakan Masyarakat dalam Pencegahan/Pengendalian Malaria)
REV... Literature Review.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (Literature Review: Intervensi Keperawatan Terkini untuk Meningkatkan Pengetahuan dan Tindakan Masyarakat dalam Pencegahan/Pengendalian Malaria-peer review)
R1&2_Literature_review....pdf
Restricted to Repository staff only

Download (249kB)

Abstract

Tujuan: Malaria adalah penyakit infeksius yang sering terjadi di negara tropis – subtropis. Penelitian ini bertujuan untuk menelaah literatur, artikel dan dokumen hasil penelitian yang mengidentifikasi efektivitas intervensi keperawatan dalam bentuk kegiatan pendidikan/promosi kesehatan untuk meningkatkan pengetahuan dan tindakan masyarakat dalam pencegahan/pengendalian malaria. Metode: Penelusuran artikel penelitian di beberapa database menggunakan kata kunci tertentu dalam periode tahun 2010-2015. Hasil penelusuran didapatkan 50 artikel menggunakan intervensi keperawatan, hanya 15 artikel yang memenuhi kriteria inklusi. Peneliti menilai 15 artikel tersebut dengan Duffy’s Research Appraisal Checklist Approach dan didapatkan 7 artikel termasuk kategori superior paper sehingga baik untuk dianalisis lebih jauh. Analisis kritis terhadap 7 artikel dilakukan berdasarkan desain, populasi dan sampel, sampling, perlakuan, parameter, temuan dan kesimpulan.Hasil dan pembahasan : Literature review menunjukkan bahwa intervensi keperawatan terkini dalam bentuk kegiatan pendidikan/promosi kesehatan sangat bervariasi dari segi metode, komponen, durasi, individu yang terlibat, spesifisitas dan efektivitasnya. Intervensi keperawatan dimaksud terdiri dari kegiatan pelatihan, kampanye, kursus, workshop, diskusi kelompok fokus, dan praktik mengajar di kelas. Analisis statistik menunjukkan semua metode ini dapat meningkatkan pengetahuan dan tindakan masyarakat dalam pencegahan/pengendalian malaria secara signifikan. Kesimpulan: Intervensi keperawatan terkini dalam bentuk kegiatan pendidikan/ promosi kesehatan dapat meningkatkan pengetahuan dan tindakan masyarakat dalam pencegahan/pengendalian malaria secara signifikan.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: pencegahan malaria, pendidikan kesehatan, promosi kesehatan, pengetahuan, tindakan pencegahan
Subjects: Nursing Science
Divisions: Journal Publication
Depositing User: Ni Putu Wulan Purnama Sari
Date Deposited: 06 Mar 2017 04:43
Last Modified: 19 Oct 2018 08:14
URI: http://repository.wima.ac.id/id/eprint/10466

Actions (login required)

View Item View Item