Literature Review: terapi komplementer akupresur pada titik perikardium 6 dalam mengatasi mual dan muntah pada kehamilan

Juwita, Linda (2015) Literature Review: terapi komplementer akupresur pada titik perikardium 6 dalam mengatasi mual dan muntah pada kehamilan. Jurnal Ners Lentera, 3 (1). pp. 40-50. ISSN 2338-6241 (Unpublished)

[img] Text (Literature Review: terapi komplementer akupresur pada titik perikardium 6 dalam mengatasi mual dan muntah pada kehamilan)
REV... Literature Review linda.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (392kB) | Request a copy
[img] Text (Literature Review: terapi komplementer akupresur pada titik perikardium 6 dalam mengatasi mual dan muntah pada kehamilan-peer review)
R 1 & 2 Literature Review...........pdf
Restricted to Repository staff only

Download (243kB) | Request a copy
Official URL: http://journal.wima.ac.id/index.php/NERS

Abstract

Pendahuluan: Berbagai keluhan dapat terjadi pada masa kehamilan, salah satunya adalah mual dan mutah pada awal kehamilan. Mual (nausea) dan muntah (morning sickness) adalah gejala yang wajar dan sering didapatkan pada kehamilan trimester pertama. Hampir 50-90% wanita hamil mengalami mual pada trimester pertama. Hal ini dapat menimbulkan kerusakan jaringan yang dapat membahayakan kesehatan ibu dan perkembangan janin yang dikandungnya. Intervensi medis untuk mual muntah pada kehamilan tidak ada yang disetujui oleh FDA. Beberapa pegobatan yang dianjurkan adalah salah satunya pengobatan Cina titik akupresur pada titik perikardium 6 (P6). Metode: Pencarian artikel jurnal dilakukan secara elektronik dengan menggunakan beberapa database, yaitu: database Sage, Sience Direct, Proquest, dan Google Scholar Perpustakaan Universitas Airlangga dari tahun Januari 2004 sampai April 2014. Keyword yang digunakan adalah “Pressure /Akupresur”, “Nausea/Mual”, “Vomiting/ Muntah”, “Pregnancy/Ibu hamil”; sehingga didapatkan 6 artikel untuk di-review. Hasil: Intervensi keperawatan komplementer akupresur pada titik P6 dapat dikategorikan sebagai intervensi yang aman dan cukup efektif dalam mengurangi mual dan muntah pada ibu hamil yang tidak mendapatkan terapi lain selain akupresur pada titik P6. Pembahasan: Penggunaan metode keperawatan komplementer dengan akupresur pada titik P6 efektif dalam mengurangi mual dan muntah pada ibu hamil yang belum memerlukan antiemetik. Metode keperawatan komplementer dengan akupresur pada titik P6 penggunaannya harus lebih dipromosikan dan diimplementasikan sebagai rutinitas pada penanganan ibu hamil dengan keluhan mual dan muntah. Kesimpulan: Stimulus pada titik P6 dapat mengatasi mual dan muntah.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Akupresur, titik perikardium 6, mual, muntah, kehamilan
Subjects: Nursing Science
Divisions: Journal Publication
Depositing User: Linda Juwita
Date Deposited: 15 Mar 2017 11:18
Last Modified: 17 Jan 2018 01:38
URI: http://repository.wima.ac.id/id/eprint/10481

Actions (login required)

View Item View Item