Pengaruh manajemen laba riil terhadap tingkat kepatuhan pengungkapan Corporate Social Responsibility pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2013-2015

Lau, Serlina Kiik (2017) Pengaruh manajemen laba riil terhadap tingkat kepatuhan pengungkapan Corporate Social Responsibility pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2013-2015. Undergraduate thesis, Widya Mandala Catholic University Surabaya.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (902kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (164kB) | Preview
[img] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (576kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (447kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (569kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text (BAB 5)
BAB 5.pdf

Download (172kB) | Preview
[img] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (657kB) | Request a copy

Abstract

Corporate social responsibility (CSR) telah menjadi pengungkapan yang wajib bagi perseroan terbatas yang menjalankan usahanya berkaitan dengan sumber daya alam di Indonesia. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk menguji dan menganalisis pengaruh manajemen laba riil terhadap tingkat kepatuhan pengungkapan CSR. Dalam penelitian ini faktor yang diukur dalam mempengaruhi CSR adalah manajemen laba riil dengan tiga proksi yaitu arus kas operasi abnormal, biaya produksi abnormal dan biaya diskresioner abnormal Desain penelitian adalah kuantitatif dengan hipotesis. Jenis dan sumber data yang digunakan adalah data kuantitatif berupa informasi kegiatan CSR, laporan laba rugi, laporan posisi keuangan, laporan arus kas dan catatan atas laporan keuangan, semuanya adalah data sekunder. Objek penelitian adalah perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode tahun 2013-2015. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa arus kas operasi abnormal dan biaya diskresioner abnormal tidak berpengaruh terhadap tingkat kepatuhan pengungkapan CSR. Biaya produksi abnormal berpengaruh positif terhadap tingkat kepatuhan pengungkapan CSR, hal ini ditunjukkan dengan adanya nilai positif dari rerata biaya abnormal produksi yang menunjukkan adanya manajemen laba riil melaui biaya produksi abnormal. Hal ini menunjukkan bahwa perusahaan di Indonesia cenderung meningkatkan laba melalui peningkatan produksi berdampak pada meningkatnya tingkat kepatuhan pengungkapan CSR.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: ["eprint_fieldopt_department_Faculty of Business" not defined]
Uncontrolled Keywords: Tingkat kepatuhan pengungkapan CSR dan manajemen laba riil
Subjects: Business > Accounting
Divisions: Faculty of Business > Accounting Undergraduate Study Program
Depositing User: Users 4156 not found.
Date Deposited: 26 Apr 2017 05:59
Last Modified: 26 Apr 2017 05:59
URI: http://repository.wima.ac.id/id/eprint/10611

Actions (login required)

View Item View Item