Pengaruh konsentrasi Sodium Tripolyphosphate terhadap karakteristik fisikokimia rice paper berbahan baku beras mentik wangi (Oryza sativa L. Var. Mentik)

Putri, Zita Aditya Rosari (2017) Pengaruh konsentrasi Sodium Tripolyphosphate terhadap karakteristik fisikokimia rice paper berbahan baku beras mentik wangi (Oryza sativa L. Var. Mentik). Undergraduate thesis, Widya Mandala Catholic University Surabaya.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (833kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (103kB) | Preview
[img] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (584kB)
[img] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (485kB)
[img] Text (BAB 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (445kB)
[img]
Preview
Text (BAB 5)
BAB 5.pdf

Download (226kB) | Preview
[img] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (827kB)

Abstract

Rice paper merupakan salah satu produk yang terkenal didaerah Asia yang dihasilkan dari tepung bebas gluten yaitu tepung beras yang mengandung kurang dari 27% amilosa. Secara umum, rice paper berbentuk lembaran tipis dengan ketebalan 0,16 mm, kering, berwarna putih transparan dan memiliki rasa yang hambar. Pembuatan rice paper secara umum adalah perendaman beras semalam, gelatinisasi dan pengeringan. Pada penggunaannya, rice paper direhidrasi terlebih dahulu selama beberapa detik dengan air hangat atau air biasa. Berdasarkan hasil penelitian pendahuluan, rice paper dengan bahan baku beras mentik memiliki kelemahan yaitu waktu rehidrasi yang lama dan mudah hancur setelah dilakukan rehidrasi sehingga sulit untuk digunakan sebagai pembungkus makanan. Kelemahan rice paper pada penelitian ini diperbaiki dengan menambahkan STPP (Sodium Tripolyphosphate). Penambahan STPP diharapkan dapat memperbaiki kemampuan rehidrasi rice paper dan kekokohan (stabilitas) rice paper sehingga tidak mudah hancur setelah dilakukan rehidrasi. Rancangan Penelitian yang digunakan adalah RAK (Rancangan Acak Kelompok) non faktorial yang terdiri dari 1 faktor yaitu proporsi sodium tripolyphosphate (S). Faktor yang diteliti yaitu konsentrasi penambahan STPP yang terdiri dari 7 (tujuh) taraf perlakuan yaitu 0%; 0,05%; 0,10%; 0,15%; 0,20%; 0,25% dan 0,30% dengan ulangan sebanyak 4 kali sehingga diperoleh total 28 unit eksperimen. Parameter yang diuji meliputi sifat fisikokimia yaitu kadar air, αw dan daya rehidrasi. Data analisa dengan uji ANOVA (Analysis of Varians) (α = 5%) dan dilanjutkan dengan uji Beda Jarak Nyata Duncan (Duncan’s Multiple Range Test )( α = 5%) untuk menentukan taraf perlakuan yang memiliki perbedaan nyata. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penambahan konsentrasi sodium tripolyphospate memberikan pengaruh terhadap sifat fisikokimia rice paper. Perlakuan yang terbaik adalah penambahan sodium tripolyphosphate sebesar 0,20% dengan kadar air 17,89%, αw 0,62 dan daya rehidrasi 201,79%.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Rice paper, Beras Mentik, Sodium Tripolyphosphate
Subjects: Agriculture and Food Technology
Divisions: Faculty of Agricultural Technology > Food Technology Study Program
Depositing User: Users 4166 not found.
Date Deposited: 30 May 2017 03:37
Last Modified: 06 Jun 2017 01:22
URI: http://repository.wima.ac.id/id/eprint/10745

Actions (login required)

View Item View Item