Pengaruh konsentrasi karagenan dan ekstrak angkak terhadap sifat fisikokimia dan organolephk jelly drink

Yisrael, Ozora (2012) Pengaruh konsentrasi karagenan dan ekstrak angkak terhadap sifat fisikokimia dan organolephk jelly drink. Undergraduate thesis, Widya Mandala Catholic University Surabaya.

[thumbnail of ABSTRAK]
Preview
Text (ABSTRAK)
Abstrak.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
Bab 1.pdf

Download (42kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (296kB)
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (20kB)
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (296kB)
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
Bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (90kB)
[thumbnail of BAB 6]
Preview
Text (BAB 6)
Bab 6.pdf

Download (53kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Jelly drink merupakan produk minuman dengan karakteristik cairan kental berbentuk gel yang konsisten sehingga mudah dikonsumsi dengan cara dihisap, terbuat dari campuran gula pasir dan senyawa hidrokoloid yang dilarutkan dalam air panas serta diberi penambahan asam sitrat, essence, dan pewarna. Senyawa hidrokoloid yang sering digunakan dalam pembuatan jelly drink adalah karagenan yang memiliki kemampuan membentuk gel yang kuat seperti agar, mudah larut dalam air, mudah didapatkan di pasaran, dan memiliki harga yang relatif murah. Angkak memiliki pigmen alami yang dapat diaplikasikan pada produk jelly drink sebagai pewarna. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh konsentrasi karagenan dan ekstrak angkak yang ditambahkan serta interaksi keduanya terhadap sifat fisikokimia dan organoleptik produk jelly drink. Rancangan penelitian yang digunakan yaitu Rancangan Acak Kelompok yang terdiri dari dua faktor, yaitu konsentrasi karagenan (K1=0,3%; K2=0,4%; K3=0,5%) dan konsentrasi ekstrak angkak (A1=4%; A2=6%; A3=8%), dengan masing-masing kombinasi perlakuan diulang sebanyak tiga kali. Parameter pengujian yang akan dilakukan yaitu sifat fisikokimia (pH, sineresis) dan organoleptik (kesukaan terhadap warna, rasa, kemudahan dihisap). Analisis varian pada α = 5% menunjukkan terdapat pengaruh nyata konsentrasi ekstrak angkak terhadap pH dan sineresis hari ke-4 dan ke -6. Semakin tinggi konsentrasi ekstrak angkak, semakin rendah pH jelly drink yang dihasilkan. Sineresis terendah diperoleh dengan perlakuan konsentrasi ekstrak angkak sebesar 6%. Kombinasi perlakuan antara karagenan dan ekstrak angkak berpengaruh nyata terhadap sineresis hari ke-1 dan ke-4, serta nilai kesukaan panelis yang meliputi warna, rasa, dan kemudahan dihisap.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: ["eprint_fieldopt_department_Faculty of Agricultural Technology : Food Technology Study Program" not defined]
Uncontrolled Keywords: jelly drink, carrageenan, red yeast rice extract
Subjects: Agriculture and Food Technology
Divisions: Faculty of Agricultural Technology > Food Technology Study Program
Depositing User: Users 30 not found.
Date Deposited: 22 May 2017 02:42
Last Modified: 22 May 2017 02:42
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/10762

Actions (login required)

View Item View Item