Sifat fisikokimia dan organoleptik jelly drink teh hitam dari berbagai waktu penyeduhan dan konsentrasi seduhan

Oktaviani, Yohana (2013) Sifat fisikokimia dan organoleptik jelly drink teh hitam dari berbagai waktu penyeduhan dan konsentrasi seduhan. Undergraduate thesis, Widya Mandala Catholic University Surabaya.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
Abstrak.pdf

Download (9MB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
Bab 1.pdf

Download (21kB) | Preview
[img] Text (BAB 2)
Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (278kB)
[img] Text (BAB 3)
Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (10kB)
[img] Text (BAB 4)
BAb 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (161kB)
[img] Text (BAB 5)
BAb 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (305kB)
[img]
Preview
Text (BAB 6)
Bab 6.pdf

Download (97kB) | Preview
[img] Text (LAMPIRAN)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (619kB)

Abstract

Sangat banyak manfaat teh bagi kesehatan tetapi produk yang berbahan dasar teh masih terbatas maka dilakukan diversifikasi teh hitam menjadi produk jelly drink. Jelly drink adalah produk minuman yang berbentuk gel dan memiliki karakteristik berupa cairan kental yang konsisten serta mudah dihisap. Penggunaan teh hitam pada jelly drink bertujuan untuk memberikan rasa dan flavor. Rasa dan flavor sangat tergantung pada waktu penyeduhan dan konsentrasi seduhan teh yang digunakan. Penelitian ini bertujuan untuk mempelajari sifat fisikokimia dan organoleptik jelly drink teh hitam dari berbagai waktu penyeduhan dan konsentrasi seduhan. Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Kelompok (RAK) faktorial tersarang dengan dua faktor yaitu waktu penyeduhan (8,10,12 menit) sebagai sarang dan konsentrasi seduhan (3%; 5%; 7%) sebagai faktor yang tersarang, dengan tiga kali ulangan. Variabel yang diuji meliputi sifat fisikokimia (pH, sineresis, dan kadar tanin) dan sifat organoleptik (kesukaan terhadap warna, aroma, rasa, dan daya hisap). Data yang diperoleh dari hasil pengamatan dianalisa jika ada beda nyata menggunakan uji ANOVA (Analysis of Varians) pada α=5% dan dilanjutkan dengan uji LSD pada α=5% untuk menentukan perlakuan mana yang memberikan perbedaan nyata. Waktu penyeduhan tidak berpengaruh nyata terhadap sineresis dan pH jelly drink teh hitam. Konsentrasi seduhan teh hitam berpengaruh nyata terhadap sineresis dan pH jelly drink teh hitam. Pada tiap faktor waktu penyeduhan, konsentrasi seduhan yang meningkat mengakibatkan peningkatan sineresis dan penurunan pH jelly drink teh hitam. Perbedaan waktu penyeduhan dan berbagai konsentrasi seduhan teh hitam berpengaruh nyata terhadap tingkat kesukaan warna (kisaran 4,92-6,32), aroma (kisaran 4,91-6,00), rasa (kisaran 4,95-5,89), dan daya hisap (kisaran 4,48-5,83) jelly drink teh hitam yang dinilai dengan skala 1-9.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: ["eprint_fieldopt_department_Faculty of Agricultural Technology : Food Technology Study Program" not defined]
Uncontrolled Keywords: jelly drink, teh hitam, tanin, sifat fisikokimia dan organoleptik.
Subjects: Agriculture and Food Technology
Divisions: Faculty of Agricultural Technology > Food Technology Study Program
Depositing User: Users 30 not found.
Date Deposited: 02 Jun 2017 02:45
Last Modified: 02 Jun 2017 02:45
URI: http://repository.wima.ac.id/id/eprint/10911

Actions (login required)

View Item View Item