Efek germinasi terhadap kualitas sensoris dan gizi kacang atom kacang hijau (Phaseolus Aureus)

Angelina, Liem Lulu (2011) Efek germinasi terhadap kualitas sensoris dan gizi kacang atom kacang hijau (Phaseolus Aureus). Undergraduate thesis, Widya Mandala Catholic University Surabaya.

[thumbnail of ABSTRAK]
Preview
Text (ABSTRAK)
Abstrak.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
bab 1.pdf

Download (22kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (163kB)
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (11kB)
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (172kB)
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
Bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (552kB)
[thumbnail of BAB 6]
Preview
Text (BAB 6)
Bab 6.pdf

Download (76kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (578kB)

Abstract

Kacang hijau kaya akan protein, karbohidrat, mineral dan vitamin. Namun kacang hijau mengandung zat antigizi yaitu tanin, asam fitat dan antitripsin. Tannin terkondensasi menurunkan nilai cerna protein, sedangkan konsumsi tannin dalam jumlah tinggi dapat mengkelat dan mengganggu aktivitas ion logam. Untuk mengurangi zat antigizi dan meningkatkan nilai gizi kacang atom kacang hijau dapat dilakukan germinasi. Rancangan penelitian yang digunakan adalah Rancangan Acak Kelompok (RAK) dengan faktor tunggal dengan lima taraf perlakuan: pemeraman 0, 2, 4, 6, 8 jam dengan tiga ulangan. Pengujian terhadap kualitas sensoris kacang atom kacang hijau, meliputi uji organoleptik (kesukaan terhadap kerenyahan, rasa dan warna kacang atom dengan pelapis dan tanpa pelapis). Pengujian terhadap kualitas gizi kacang atom kacang hijau meliputi kadar tannin (metode vanilin- HCl), kadar mineral (kalsium, fosfor dan besi) memakai ICP-AES, serta kadar protein (metode makro Kjeldahl). Pengujian secara kuantitatif dievaluasi dengan uji Horwitz. Data yang diperoleh dari hasil pengamatan kemudian dianalisa secara statistik menggunakan uji ANOVA (Analysis of Variance) pada α = 5% untuk mengetahui apakah perlakuan memberikan pengaruh nyata terhadap parameter penelitian. Jika ada pengaruh nyata maka dilakukan uji DMRT pada α = 5% untuk mengetahui level perlakuan yang memberi perbedaan nyata. Perbedaan lama germinasi pada biji kacang hijau (Phaseolus aureus) berpengaruh nyata terhadap kadar air, protein dan tanin, tetapi tidak berpengaruh nyata terhadap kalsium, fosfor, dan besi. Perbedaan lama germinasi pada biji kacang hijau (Phaseolus aureus) berpengaruh nyata terhadap sifat organoleptik yang meliputi kesukaan terhadap kerenyahan, rasa dan warna kacang atom kacang hijau serta kerenyahan dan rasa kacang atom tanpa pelapis (KATP) yang dihasilkan, tetapi tidak memberikan pengaruh nyata terhadap warna KATP. Penerimaan panelis tidak terlatih terhadap kacang atom kacang hijau adalah netral sehingga produk kacang atom kacang hijau dapat diaplikasikan. Disarankan untuk melakukan pengujian umur simpan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: ["eprint_fieldopt_department_Faculty of Agricultural Technology : Food Technology Study Program" not defined]
Uncontrolled Keywords: kacang atom, kacang hijau, germinasi, nilai gizi, uji sensoris
Subjects: Agriculture and Food Technology
Divisions: Faculty of Agricultural Technology > Food Technology Study Program
Depositing User: Users 30 not found.
Date Deposited: 19 Jun 2017 08:24
Last Modified: 19 Jun 2017 08:24
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/11026

Actions (login required)

View Item View Item