Konstruksi kecantikan perempuan dalam iklan cahaya cantik Raisa By Pond's

Susilo, Felicia Wongso (2017) Konstruksi kecantikan perempuan dalam iklan cahaya cantik Raisa By Pond's. Undergraduate thesis, Widya Mandala Catholic University Surabaya.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
BAB I.pdf

Download (485kB) | Preview
[img] Text (BAB 2)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (319kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (303kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (573kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text (BAB 5)
BAB V.pdf

Download (311kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini mengungkap bagaimana iklan Cahaya Cantik Raisa by Pond’s mengkonstruksikan kecantikan perempuan. Peneliti menggunakan metode analisis semiotika model Charles Sanders Peirce, yaitu dengan segitiga makna terdiri dari representament/sign (tanda), object (sesuatu yang dirujuk), dan interpretant (“hasil” hubungan representamen dengan objek). Konstruksi kecantikan perempuan tersebut akan dilihat dari tanda-tanda yang terlihat dalam iklan tersebut. Tanda dibagi menjadi tiga tipe – ikon, indeks, dan simbol. Dengan analisis menggunakan semiotika yang dikembangkan oleh Charles Sanders Peirce, peneliti menemukan gambaran tentang konstruksi kecantikan perempuan. Konstruksi kecantikan perempuan dalam iklan televisi Cahaya Cantik Raisa by Pond’s adalah kecantikan yang tidak hanya bersumber pada bagian luar atau fisik, tetapi juga dari kecantikan dalam atau inner beauty. Dalam iklan tersebut, warna kulit putih menjadi ukuran kecantikan perempuan. Melalui tanda-tanda yang muncul pada iklan ini (baik berupa ikon, indeks, maupun simbol), iklan Cahaya Cantik Raisa by Pond’s mengkonstruksikan kecantikan perempuan sesuai dengan apa yang ada dalam media massa bahwa kecantikan perempuan dilihat dari kulit yang identik kulit putih.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: ["eprint_fieldopt_department_Faculty of Communication Science" not defined]
Uncontrolled Keywords: Konstruksi, analisis semiotika, kecantikan perempuan, iklan televisi
Subjects: Communication Science
Divisions: Faculty of Communication Science > Communication Science Study Program
Depositing User: Felicia Wongso Susilo
Date Deposited: 18 Jul 2017 04:50
Last Modified: 18 Jul 2017 04:50
URI: http://repository.wima.ac.id/id/eprint/11133

Actions (login required)

View Item View Item