Hubungan dukungan sosial orangtua dengan motivasi belajar pada remaja penyandang low vision

Kioek, Gisella Angelina Almelda (2017) Hubungan dukungan sosial orangtua dengan motivasi belajar pada remaja penyandang low vision. Undergraduate thesis, Widya Mandala Catholic University Surabaya.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (895kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (319kB) | Preview
[img] Text (BAB 2)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (316kB)
[img] Text (BAB 3)
BAB III .pdf
Restricted to Registered users only

Download (319kB)
[img] Text (BAB 4)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (398kB)
[img] Text (BAB 5)
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (340kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN .pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Motivasi belajar merupakan dorongan mental yang menggerakkan dan mengarahkan perilaku manusia untuk belajar. Motivasi belajar dapat dipengaruhi dari diri sendiri (intrinsik), yang didasari oleh adanya kebutuhan untuk belajar, dan dari luar diri sendiri (ekstrinsik) yaitu motivasi yang berasal dari keluarga (terutama orang tua). Dukungan orangtua dalam motivasi belajar sangatlah penting dan orangtua juga mempengaruhi perkembangan motivasi belajar anak dalam setiap tahap perkembangannya. Selain itu, dukungan sosial dari orangtua juga memiliki kontribusi dalam mengoptimalkan motivasi belajar. Oleh karena itu, remaja penyandang low vision membutuhkan dukungan sosial dari orangtua agar dapat meningkatkan motivasi belajar sehingga tujuan yang diinginkan dapat tercapai. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada hubungan antara dukungan sosial orangtua dengan motivasi belajar pada remaja penyandang low vision. Subyek yang digunakan dalam penelitian ini yaitu remaja penyandang low vision yang berusia 12-21 tahun yaitu remaja awal hingga remaja akhir yang berada di Surabaya dan terdiri dari (n=32). Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu purposive sampling. Penelitian ini menggunakan metode pengambilan data skala likert yang terdiri dari skala dukungan sosial orangtua dan motivasi belajar dengan teknik analisis data menggunakan uji korelasi Kendall’s Tau_b dengan dibantu menggunakan program teknik analisis SPSS for windows versi 17.0. Hasil penelitian ini menunjukkan nilai koefisien korelasi sebesar 0,366 dengan α = 0,004 (p > 0,05), sehingga dapat disimpulkan bahwa ada hubungan antara dukungan sosial orangtua dengan motivasi belajar pada remaja penyandang low vision.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Dukungan sosial orangtua, motivasi belajar, low vision
Subjects: Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Psychology Study Program
Depositing User: Gisella Angelina A.Kioek
Date Deposited: 13 Jul 2017 10:00
Last Modified: 13 Jul 2017 10:00
URI: http://repository.wima.ac.id/id/eprint/11223

Actions (login required)

View Item View Item