Ketakutan kematian pada orang beragama Katolik antara anggota kelompok kategorial dan yang tidak terlibat kelompok kategorial

Choban, Monika Septiani Nugo (2017) Ketakutan kematian pada orang beragama Katolik antara anggota kelompok kategorial dan yang tidak terlibat kelompok kategorial. Undergraduate thesis, Widya Mandala Catholic University Surabaya.

This is the latest version of this item.

[img] Text (ABSTRAK)
Abstrak.pdf

Download (850kB)
[img] Text (BAB 1)
BAB I.pdf

Download (207kB)
[img] Text (BAB 2)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (218kB)
[img] Text (BAB 3)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (158kB)
[img] Text (BAB 4)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (448kB)
[img]
Preview
Text (BAB 5)
BAB V & Dapus.pdf

Download (184kB) | Preview
[img] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (629kB)

Abstract

Kematian merupakan akhir dari keseluruhan proses kehidupan yang dijalani oleh seseorangv. Kematian dapat datang kapan saja dan tanpa diduga, hal ini menyebabkan seseorang mengalami ketakutan akan kematian. Ketakutan akan kematian bukan hanya dialami oleh mereka yang diambang kematian (orang sakit parah/berada disakratul maut), namun juga orang sehat pun memiliki ketakutan akan kematian. Salah satu faktor yang dapat mempengaruhi ketakutan akan kematian adalah tingkat religiositas, semakin dekat relasinya dengan Tuhan semakin rendah ketakutan akan kematian. Salah satu cara untuk meningkatkan religiositas adalah dengan terlibat dalam kelompok kategorial. Kelompok kategorial adalah persekutuan umat beriman kristiani yang terdiri dari kelompok awam yang sifatnya gerejawi. Oleh karena itu, peneliti ingin mengetahui ada atau tidaknya perbedaan ketakutan kematian pada orang Katolik anggota kelompok kategorial dan tidak. Partisipan penelitian (N=139) terdiri dari 85 orang Katolik yang tidak terlibat kelompok kategorial dan 54 orang anggota kelompok kategorial. Partisipan penelitian adalah orang beragama Katolik berusia dewasa awal dan madya, serta berdomisili di Surabaya. Pengambilan sampel berdasar teknik purposive sampling dan pengambilan data menggunakan Collett-Lester Fear Of Death Scale. Analisis data menggunakan teknik Inpendent sample t-test. Hasil analisis menunjukkan hasil t sebesar 3,353 dan nilai p=0,001 (p< 0,05) yang berarti ada perbedaan ketakutan kematian yang signifikan pada orang beragama Katolik antara anggota kelompok kategorial dan yang tidak terlibat. Hasil mean yang diperoleh pada orang beragama Katolik yang tidak terlibat sebesar 104,81 sedangkan anggota kelompok kategorial sebesar 92,28. Hasil mean ini menunjukkan tingkat ketakutan kematian orang beragama Katolik yang tidak terlibat kelompok kategorial lebih tinggi dibandingkan anggota kelompok kategorial.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: ["eprint_fieldopt_department_Faculty of Psychology" not defined]
Uncontrolled Keywords: ketakutan kematian, orang Katolik, kelompok kategorial, dewasa awal, dewasa madya
Subjects: Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Psychology Study Program
Depositing User: Monika Septiani Nogo Choban
Date Deposited: 12 Jul 2017 09:17
Last Modified: 12 Jul 2017 09:19
URI: http://repository.wima.ac.id/id/eprint/11266

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item