Uji aktivitas antibakteri dan antibiofilm fraksi biji kelengkeng (Euphoria longan lour. Steud.) terhadap Staphylococcus aureus ATCC 6538

Prasetya, Oda Shantina (2017) Uji aktivitas antibakteri dan antibiofilm fraksi biji kelengkeng (Euphoria longan lour. Steud.) terhadap Staphylococcus aureus ATCC 6538. Undergraduate thesis, Widya Mandala Catholic University Surabaya.

[thumbnail of ABSTRAK]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB I.pdf

Download (31kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (271kB)
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (459kB)
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (473kB)
[thumbnail of BAB 5]
Preview
Text (BAB 5)
BAB V.pdf

Download (41kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Tanaman Kelengkeng (Euphoria longan Lour. Steud.) berpotensi sebagai antibakteri. Biji kelengkeng adalah salah satu bagian tanaman kelengkeng yang memiliki daya antibakteri. Penelitian ini dilakukan untuk menentukan aktivitas antibakteri dan antibiofilm dari fraksi biji kelengkeng (Euphoria longan Lour. Steud.) terhadap Staphylococcus aureus ATCC 6538. Pada penelitian ini ekstrak diperoleh dengan metode maserasi dengan menggunakan pelarut etanol 96% kemudian difraksinasi cair-cair dengan pelarut n-heksan, etil asetat dan air. Fraksi yang diperoleh dibuat konsentrasi 100.000 ppm, kemudian diuji aktivitas antibakteri pada Staphylococcus aureus dengan metode difusi sumuran, diuji aktivitas antibiofilm dengan menggunakan metode mikrodilusi, dan dilakukan skrining fitokimia dengan menggunakan kromatografi lapis tipis untuk menentukan golongan senyawa yang mempunyai aktivitas antibakteri dan antibiofilm dari fraksi biji kelengkeng (Euphoria longan Lour. Steud.). Hasil penelitian menunjukkan bahwa diameter hambat pertumbuhan pada fraksi etil asetat dengan konsentrasi 100.000 ppm sebesar 14,59 mm ± 0,01, fraksi n-heksan sebesar 7,15 mm ± 0,63 dan fraksi air sebesar 12,52 mm ± 0,40. Hasil penelitian uji antibiofilm menunjukkan bahwa persentase penghambatan pertumbuhan biofilm terbaik pada fraksi etil asetat dengan konsentrasi 100.000 ppm sebesar 99,08%. Skrining fitokimia dengan menggunakan kromatografi lapis tipis dilakukan pada fraksi etil asetat dan hasil yang didapatkan menunjukkan bahwa fraksi etil asetat mengandung senyawa tanin/polifenol, saponin triterpenoid dan flavonoid yang memiliki daya antibakteri dan antibiofilm.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: ["eprint_fieldopt_department_Faculty of Pharmacy" not defined]
Uncontrolled Keywords: antibakteri, antibiofilm, fraksi, Euphoria longan Lour. Steud.,Staphylococcus aureus
Subjects: Pharmacy
Divisions: Faculty of Pharmacy > Pharmacy Study Program
Depositing User: Oda Shantina Prasetya
Date Deposited: 19 Jul 2017 03:52
Last Modified: 15 Feb 2018 05:59
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/11286

Actions (login required)

View Item View Item