Konstruksi peran perempuan dalam iklan Oriflame versi "Oriflame changes lives"

Prasetyo, Yusuf Aktor (2017) Konstruksi peran perempuan dalam iklan Oriflame versi "Oriflame changes lives". Undergraduate thesis, Widya Mandala Catholic University Surabaya.

[thumbnail of ABSTRAK]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB I.pdf

Download (258kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (194kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (174kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (462kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5]
Preview
Text (BAB 5)
BAB V.pdf

Download (301kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana tanda-tanda konstruksi peran perempuan pada iklan Oriflame. Peneliti menggunakan metode analisis semiotic Charles Sanders Peirce untuk menguraikan serta melihat tanda konstruksi peran perempuan pada iklan Oriflame yang mengangkat fenomena kesetaraan gender. Melalui analisis semiotik Peirce, peneliti menemukan bahwa iklan yang dibuat oleh Oriflame dalam hal ini versi “Oriflame Changes Lives” terdapat konstruksi perempuan yang ditunjukkan oleh media. Konstruksi perempuan yang ada di iklan Oriflame yaitu berkaitan dengan peran kerja perempuan serta peran perempuan terhadap keluargannya. Seperti halnya perempuan di iklan Oriflame ini digambarkan keluar dari ranah domestik yang selama ini membelenggu mereka dengan cara berkarier, tetapi di sisi lain mereka juga harus kembali mengurusi urusan keluarga. Dan di sisi medianya sendiri peneliti melihat Oriflame ingin menunjukkan dan memperkenalkan produk-produknya dengan beriklan di media massa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: ["eprint_fieldopt_department_Faculty of Communication Science" not defined]
Uncontrolled Keywords: Konstruksi peran perempuan, analisis semiotika, iklan
Subjects: Communication Science
Divisions: Faculty of Communication Science > Communication Science Study Program
Depositing User: Yusuf Aktor Prasetyo
Date Deposited: 17 Jul 2017 06:20
Last Modified: 17 Jul 2017 06:20
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/11300

Actions (login required)

View Item View Item