Ekspresi siklooksigenase-2 pada membran korioalantois telur ayam berembrio setelah pemberian ekstrak biji jintan hitam (Nigella sativa) dan diinduksi BFGF dengan metode imunohistokimia

Gani, Albert Sebastian (2017) Ekspresi siklooksigenase-2 pada membran korioalantois telur ayam berembrio setelah pemberian ekstrak biji jintan hitam (Nigella sativa) dan diinduksi BFGF dengan metode imunohistokimia. Undergraduate thesis, Widya Mandala Catholic University Surabaya.

[thumbnail of ABSTRAK]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (544kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (153kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (520kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (207kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (540kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5]
Preview
Text (BAB 5)
BAB 5 .pdf

Download (250kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (988kB) | Request a copy

Abstract

Nigella sativa (jinten hitam) merupakan salah satu tanaman yang dapat digunakan untuk pengobatan. Ekstrak etanol Nigella sativa mempunyai aktivitas sebagai kemopreventif. Aktivitas biologisnya terutama dipengaruhi oleh kandungan timokuinon. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian ekstrak biji jintan hitam dan dosis efektifnya terhadap jumlah ekspresi COX-2 pada membran korioalantois telur ayam berembrio (TAB) yang diinduksi oleh bFGF. Subjek penelitian berupa telur ayam berembrio sebanyak 24 butir telur berumur 9 hari dengan 6 kelompok perlakuan, masing-masing kelompok menggunakan 4 butir telur. Kelompok K(+) menggunakan bFGF, kelompok K(-) menggunakan Tris-HCl, kelompok uji I menggunakan ekstrak Nigella sativa dengan dosis 75 µg, kelompok uji II menggunakan ekstrak Nigella sativa dengan dosis 90 µg, kelompok uji III menggunakan ekstrak Nigella sativa dengan dosis 110 µg, kelompok uji IV (pembanding) menggunakan celecoxib dengan dosis 3mg/kg BB. Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimental laboratorik dengan menggunakan variabel bebas untuk mempengaruhi dampak pada variabel tergantung. Ekstrak Nigella sativa dibuat dengan metode sokhletasi dengan pelarut etanol. Penelitian ini menggunakan metode imunohistokimia dengan antibodi monoklonal anti siklooksigenase-2 (COX-2) dan dianalisis dengan skor imunoreaktif dari intensitas warna dan luas pewarnaan. Hasil penelitian membuktikan bahwa terjadi hambatan terhadap ekspresi COX-2 seiring dengan peningkatan dosis ekstrak etanol Nigella sativa. Dosis efektif dalam penelitian ini yaitu 110 µg yang menunjukkan ekspresi COX-2 kurang dari 10% jumlah sel teramati.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: ["eprint_fieldopt_department_Faculty of Pharmacy" not defined]
Uncontrolled Keywords: Nigella sativa, imunohistokimia, COX-2, telur ayam berembrio, membran korioalantois, bFGF.
Subjects: Pharmacy
Divisions: Faculty of Pharmacy > Pharmacy Study Program
Depositing User: Albert Sebastian
Date Deposited: 20 Jul 2017 06:08
Last Modified: 20 Jul 2017 06:08
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/11326

Actions (login required)

View Item View Item