Optimasi formula tablet deksametason dengan campuran interaktif menggunakan amilum kulit pisang agung sebagai pengikat dan ac-di-sol sebagai penghancur

Sartika, Gerarda (2017) Optimasi formula tablet deksametason dengan campuran interaktif menggunakan amilum kulit pisang agung sebagai pengikat dan ac-di-sol sebagai penghancur. Undergraduate thesis, Widya Mandala Catholic University Surabaya.

[thumbnail of ABSTRAK]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (881kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (114kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (807kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (344kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (724kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5]
Preview
Text (BAB 5)
BAB 5.pdf

Download (231kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Deksametason merupakan salah satu golongan kortikosteroid yang memiliki dosis kecil dan kelarutan yang rendah dalam air yang dapat menimbulkan masalah dalam formulasi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh konsentrasi amilum kulit pisang agung dan konsentrasi Ac-Di-Sol, maupun interaksinya terhadap mutu fisik granul pembawa, mengetahui pengaruh granul pembawa terhadap mutu fisik tablet, pelepasan obat secara in vitro, dan homogenitas bahan aktif dalam tablet, serta merancang formula optimum granul pembawa dengan factorial design. Tingkat konsentrasi amilum kulit pisang yang digunakan 2% dan 4%, sedangkan tingkat konsentrasi untuk Ac-Di-Sol 2% dan 5%. Metode yang dilakukan pada penelitian ini adalah granulasi basah untuk menghasilkan granul pembawa dan dilanjutkan penambahan deksametason dengan teknik campuran interaktif. Hasil optimasi yang diperoleh diketahui bahwa konsentrasi amilum kulit pisang berpengaruh signifikan terhadap respon Carr’s index, Hausner ratio, dan ukuran partikel. Konsentrasi Ac-Di-Sol berpengaruh signifikan terhadap respon ukuran partikel, dan interaksi konsentrasi amilum kulit pisang dan Ac-Di-Sol berpengaruh signifikan terhadap respon Carr’s index, Hausner ratio, dan ukuran partikel sehingga dihasilkan granul pembawa dengan mutu fisik yang baik. Tablet deksametason yang dibuat dengan campuran interaktif menggunakan formula optimum granul pembawa menghasilkan tablet dengan mutu fisik tablet, pelepasan obat seacara in vitro, dan homogenitas tablet yang memenuhi persyaratan. Formula optimum granul pembawa dengan factorial design menggunakan konsentrasi amilum kulit pisang agung 3,95% dan konsentrasi Ac-Di-Sol 2,645% akan memberikan respon Carr’s index sebesar 14,595%, Hausner ratio sebesar 1,171, dan ukuran partikel sebesar 395,02 μm.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: ["eprint_fieldopt_department_Faculty of Pharmacy" not defined]
Uncontrolled Keywords: Deksametason, campuran interaktif, amilum kulit pisang agung, Ac-Di-Sol, factorial design.
Subjects: Pharmacy
Divisions: Faculty of Pharmacy > Pharmacy Study Program
Depositing User: Gerarda Sartika
Date Deposited: 20 Jul 2017 07:35
Last Modified: 15 Feb 2018 06:04
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/11351

Actions (login required)

View Item View Item