Optimasi formula tablet ekstrak daun sirsak (Annona muricata L.) menggunakan gelatin sebagai pengikat dan sodium starch glycolate sebagai penghancur

Patty, Loucya Feblyn (2017) Optimasi formula tablet ekstrak daun sirsak (Annona muricata L.) menggunakan gelatin sebagai pengikat dan sodium starch glycolate sebagai penghancur. Undergraduate thesis, Widya Mandala Catholic University Surabaya.

[thumbnail of ABSTRAK]
Preview
Text (ABSTRAK)
Cover- daftar isi (2).pdf

Download (839kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB I.pdf

Download (179kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (843kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (622kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (983kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5]
Preview
Text (BAB 5)
BAB V.pdf

Download (420kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Daun sirsak (Anonna muricata L.) merupakan salah satu obat tradisional yang digunakan dalam pengobatan penyakit gout karena memiliki kandungan senyawa berkhasiat yang bersifat sebagai analgesik dan antioksidan, seperti rutin. Pengembangan bentuk sediaan olahan ekstrak daun sirsak menjadi tablet diperlukan untuk meningkatkan kemudahan produksi dan penggunaannya sebagai obat bahan alam. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh gelatin dan sodium starch glycolate dalam evaluasi mutu fisik tablet ekstrak daun sirsak serta untuk mengetahui kombinasi konsentrasi gelatin dan konsentrasi sodium starch glycolate dalam menghasilkan formula optimum tablet. Tablet diformulasikan dengan metode granulasi basah. Optimasi dilakukan dengan menggunakan metode factorial design dengan 2 faktor dan 2 tingkat yaitu konsentrasi gelatin ( 2% sebagai tingkat rendah dan 5% sebagai tingkat tinggi) dan konsentrasi sodium starch glycolate ( 4% sebagai tingkat rendah dan 8% sebagai tingkat tinggi). Hasil penelitian ini adalah gelatin secara signifikan meningkatkan kerapuhan dan waktu hancur tablet namun tidak berpengaruh secara signifikan terhadap kekerasan tablet, sedangkan sodium starch glycolate meningkatkan kekerasan dan menurunkan kerapuhan tablet secara signifikan namun tidak berpengaruh secara signifikan terhadap waktu hancur tablet ekstrak daun sirsak. Interaksi antara gelatin dan sodium starch glycolate menurunkan kekerasan dan menaikkan kerapuhan tablet secara signifikan namun tidak berpengaruh secara signifikan terhadap waktu hancur tablet ekstrak daun sirsak. Formula optimum tablet ekstrak daun sirsak (Annona muricata L.) yaitu dengan kombinasi konsentrasi gelatin 2,12% dan konsentrasi sodium starch glycolate 7,51%. Secara teoritis formula optimum tersebut menghasilkan kekerasan 5,02 kp, kerapuhan 0,26%, dan waktu hancur 15,42 menit. Hasil yang didapatkan melalui pengujian yaitu kekerasan 4,94 kp, kerapuhan 0,23%, dan waktu hancur 15,51 menit.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: ["eprint_fieldopt_department_Faculty of Pharmacy" not defined]
Uncontrolled Keywords: Optimasi, Tablet, Daun Sirsak, Gelatin, SSG
Subjects: Pharmacy
Divisions: Faculty of Pharmacy > Pharmacy Study Program
Depositing User: Louwa Feblyn Patty
Date Deposited: 20 Jul 2017 07:32
Last Modified: 15 Feb 2018 05:56
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/11385

Actions (login required)

View Item View Item