Optimasi formula tablet ekstrak daun sirsak (Annona muricata L.) dengan menggunakan PVP K-30 sebagai pengikat dan sodium starch glycolate sebagai penghancur

Moda, Claudia Febryanti Ripo (2017) Optimasi formula tablet ekstrak daun sirsak (Annona muricata L.) dengan menggunakan PVP K-30 sebagai pengikat dan sodium starch glycolate sebagai penghancur. Undergraduate thesis, Widya Mandala Catholic University.

[thumbnail of ABSTRAK]
Preview
Text (ABSTRAK)
JUDUL-DAFTAR ISI.pdf

Download (788kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (232kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (703kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (387kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (754kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5]
Preview
Text (BAB 5)
BAB 5.pdf

Download (322kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Telah dilakukan penelitian tentang optimasi formula tablet Ekstrak Daun Sirsak (Annona Muricata L.) dengan PVP K-30 sebagai pengikat dan Sodium Starch Glycolate (SSG) sebagai penghancur, yang ditujukan untuk menurunkan kadar asam urat dalam darah. Senyawa metabolit sekunder aktif dari daun sirsak adalah rutin yang tergolong sebagai flavonoid. Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh konsentrasi PVP K-30 sebagai pengikat dan konsentrasi SSG sebagai penghancur dan interaksinya terhadap evaluasi mutu fisik tablet ekstrak daun sirsak serta dapat menentukan rancangan komposisi formula optimum tablet ekstrak daun sirsak. Tablet ekstrak daun sirsak mengandung ekstrak kering daun sirsak sebanyak 100mg/tablet yang diperoleh dari PT. Javaplant. Penelitian ini menggunakan design optimasi factorial design dengan 2 faktor yaitu konsentrasi PVP K-30 dan konsentrasi SSG dan 2 tingkat yaitu tingkat tinggi (+) dan tingkat rendah (-). Konsentrasi PVP K-30 tingkat tinggi 5% dan tingkat rendah 3% sedangkan konsentrasi SSG tingkat tinggi 8% dan tingkat rendah 2%. Hasil penelitian PVP K-30 tidak berpengaruh secara signifikan terhadap respon kekerasan tablet, kerapuhan tablet, dan waktu hancur tablet. SSG secara signifikan mampu menurunkan kerapuhan tablet namun tidak berpengaruh secara signifikan terhadap kekerasan tablet dan waktu hancur tablet. Interaksi antara PVP K-30 dan SSG tidak berpengaruh secara signifikan terhadap respon kekerasan, kerapuhan, dan waktu hancur tablet ekstrak daun sirsak. Berdasarkan program design expert diperoleh formula optimum tablet ekstrak daun sirsak (Annona muricata L) dengan konsentrasi PVP K-30 sebesar 4,0 % dan konsentrasi SSG sebesar 7,93 % dengan sifat fisik kekerasan, kerapuhan, dan waktu hancur yang memenuhi persyaratan yaitu kekerasan 5,27 kp; kerapuhan 0,14 %; dan waktu hancur 24,14 menit.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: ["eprint_fieldopt_department_Faculty of Pharmacy" not defined]
Uncontrolled Keywords: Annona muricata L, PVP K-30, SSG, tablet, optimasi
Subjects: Pharmacy
Divisions: Faculty of Pharmacy > Pharmacy Study Program
Depositing User: Claudia Febryanti Ripo Moda
Date Deposited: 21 Jul 2017 04:03
Last Modified: 21 Jul 2017 04:03
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/11390

Actions (login required)

View Item View Item