Analisis penerimaan masyarakat mengenai peduli lingkungan hidup dalam iklan internet "Unilever Bright Future"

Lodo, Theresia Fristi Deviona (2017) Analisis penerimaan masyarakat mengenai peduli lingkungan hidup dalam iklan internet "Unilever Bright Future". Undergraduate thesis, Widya Mandala Catholic University Surabaya.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK-1.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
BAB I.pdf

Download (390kB) | Preview
[img] Text (BAB 2)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (174kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (271kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (717kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text (BAB 5)
BAB V.pdf

Download (53kB) | Preview
[img] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana penerimaan masyarakat mengenai peduli lingkungan hidup dalam iklan internet unilever bright future – selamat tinggal hutan. Penelitian ini melihat bagaimana masyarakat menerima makna peduli lingkungan hidup melalui iklan unilever bright future berdasarkan pada cultural setting masing-masing informan. Teori yang digunakan adalah teori reception analysis milik Mc. Quail dengan paradigma encoding – decoding. Penelitian ini juga didukung dengan teori corporate social responsibility, teori iklan internet dan teori active audience yang dihubungkan dengan teori reception analysis. Jenis penelitian adalah deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Metode penelitian menggunakan reception analysis dengan paradigma encoding – decoding. Subjek penelitian adalah masyarakat dan iklan internet unilever bright future – selamat tinggal hutan, dimana masyarakat sebagai informan memiliki enam kriteria yakni berdasarkan gender,usia, hobby, pendidikan, pekerjaan dan etnis yang berbeda. Hasil dari penelitian ini bahwa masing-masing informan yang memiliki latar belakang budaya dan pengalaman yang berbeda, cenderung lebih banyak menempatkan dirinya dalam posisi dominated code pada setiap scene iklan unilever. Informan menganggap bahwa iklan unilever bright future – selamat tinggal hutan ingin menunjukkan bentuk kepedulian unilever terhadap lingkungan hidup secara global.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: ["eprint_fieldopt_department_Faculty of Communication Science" not defined]
Uncontrolled Keywords: Reception analysis, lingkungan hidup, iklan Unilever Bright Future
Subjects: Communication Science
Divisions: Faculty of Communication Science > Communication Science Study Program
Depositing User: Theresia Fristi Deviona Lodo
Date Deposited: 20 Jul 2017 07:47
Last Modified: 20 Jul 2017 07:47
URI: http://repository.wima.ac.id/id/eprint/11393

Actions (login required)

View Item View Item