Pembuatan perangkat pembelajaran model kooperatif tipe Student Teams Achievement Divisions untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI IPA SMAK St. Hendrikus Surabaya pada pokok bahasan fluida dinamis

Dewi, Rosalia Ersinta (2017) Pembuatan perangkat pembelajaran model kooperatif tipe Student Teams Achievement Divisions untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI IPA SMAK St. Hendrikus Surabaya pada pokok bahasan fluida dinamis. Undergraduate thesis, Widya Mandala Catholic University Surabaya.

[thumbnail of ABSTRAK]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (900kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB I fix.pdf

Download (330kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB II fix_2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (531kB)
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB III fix_2 (1).pdf
Restricted to Registered users only

Download (293kB)
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB IV_dewi_2 (1).pdf
Restricted to Registered users only

Download (573kB)
[thumbnail of BAB 5]
Preview
Text (BAB 5)
BAB V_dewi_2 (1).pdf

Download (114kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah perangkat pembelajaran dengan model pembelajaran kooperatif Student Teams Achievement Divisions dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Uji coba perangkat pembelajaran ini dilakukan di Kelas XI IPA-3 SMAK Santo Hendrikus Surabaya, dengan menggunakan tes awal dan tes akhir. Kualitas perangkat pembelajaran yang dihasilkan meliputi: validitas berkategori baik dan layak digunakan. Hasil validasi memberikan skor 3,7 untuk RPP, 3,00 untuk Buku Siswa, dan 3,00 untuk LKS. Sedangkan Hasil implementasi pembelajaran meliputi : keterlaksanaan RPP selama dua kali pertemuan berkategori sangat baik, siswa menunjukkan antusias terhadap pembelajaran, dan siswa merespon positif seluruh komponen pembelajaran. Juga diperoleh hasil belajar akhir sebesar 86,11. Hasil belajar ini meningkat signifikan dari nilai awalnya yaitu sebesar 49,05. Adapun respon siswa terhadap implementasi STAD 18,13 % dan skor gain rata-rata sebesar 0,76 berkategori tinggi. Berdasarkan hasil dan diskusi penelitian, dapat disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran fisika dengan model pembelajaran Student Teams Achievement Divisions mampu meningkatkan hasil belajar siswa SMA

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: ["eprint_fieldopt_department_Faculty of Teacher Training and Education" not defined]
Uncontrolled Keywords: Perangkat pembelajaran, hasil belajar, model Student Teams Achievement Divisions (STAD)
Subjects: Physic Education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Physics Education Study Program
Depositing User: Rosalia Ersinta Dewi
Date Deposited: 20 Jul 2017 10:27
Last Modified: 20 Jul 2017 10:27
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/11428

Actions (login required)

View Item View Item