Pengembangan perangkat pembelajaran inkuiri terbimbing berbantuan media komputer pada pokok bahasan impuls dan momentum untuk meningkatkan hasil belajar siswa SMA Negeri 3 Sidoarjo kelas X MIA 5

Margareta, Maria (2017) Pengembangan perangkat pembelajaran inkuiri terbimbing berbantuan media komputer pada pokok bahasan impuls dan momentum untuk meningkatkan hasil belajar siswa SMA Negeri 3 Sidoarjo kelas X MIA 5. Undergraduate thesis, Widya Mandala Catholic University Surabaya.

[thumbnail of ABSTRAK]
Preview
Text (ABSTRAK)
Abstrak.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB I.pdf

Download (218kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (728kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (529kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (865kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5]
Preview
Text (BAB 5)
BAB V.pdf

Download (279kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (14MB) | Request a copy

Abstract

Berdasarkan Observasi yang dilakukan di SMA Negeri 3 Sidoarjo ditemukan bahwa pengetahuan siswa tentang Impuls dan Momentum masih rendah. Nilai rata-rata pretest adalah 19.9 dengan prosentase ketuntasan 0%. Pembelajaran yang berpusat pada guru menyebabkan siswa cenderung pasif dan tidak berkonsentrasi dalam kelas. Agar siswa lebih aktif dan berkonsentrasi dalam kelas guru diharapkan menguasai ilmu dan pengetahuan tentang materi yang akan diajarkan, model pembelajaran yang tepat dan memiliki perangkat pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah perangkat pembelajaran dengan model pembelajaran Inkuiri Terbimbing dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Uji coba perangkat pembelajaran ini dilakukan di Kelas X MIA 3 SMAN 3 Sidoarjo, dengan menggunakan tes awal dan tes akhir Perangkat pembelajaran yang dihasilkan meliputi: validitas berkategori Cukup valid dan layak digunakan dengan revisi kecil. Hasil validasi memberikan skor 3,05 untuk RPP, 3,3 untuk Buku Siswa, 3,1 untuk LKS dan 3,1 untuk rencana evaluasi Kepraktisan perangkat pembelajaran dapat dilihat dari prosentase respon siswa dan keterlaksanaan RPP. Hasil prosentase 90,7% untuk respon siswa dan 94,9% keterlaksanaan RPP. Sedangkan keefektifan perangkat pembelajaran dapat dilihat dari hasil belajar siswa setelah diberikan perangkat pembelajaran nilai rata-rata kelas 87,7 dengan prosentase ketuntasan 94%. Analisis peningkatan hasil belajar siswa diperoleh dari hasil rata-rata N-gain 0,86 berkategori “tinggi”. Berdasarkan hasil dan diskusi penelitian, dapat disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran fisika dengan model pembelajaran Inkuiri Terbimbing berkategori Cukup Valid,Praktis dan Efektif. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan dapat meningkatkan hasil belajar siswa SMA.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: ["eprint_fieldopt_department_Faculty of Teacher Training and Education" not defined]
Uncontrolled Keywords: Perangkat pembelajaran, inkuiri terbimbing, impuls dan momentum, hasil belajar
Subjects: Physic Education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Physics Education Study Program
Depositing User: Maria Margareta
Date Deposited: 20 Jul 2017 10:26
Last Modified: 20 Jul 2017 10:26
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/11444

Actions (login required)

View Item View Item