Optimasi formula tablet ekstrak daun sirsak (Annona muricata L.) menggunakan PVP K-30 sebagai pengikat dan Ac-Di-Sol sebagai penghancur

Lalojawa, Anastasia (2017) Optimasi formula tablet ekstrak daun sirsak (Annona muricata L.) menggunakan PVP K-30 sebagai pengikat dan Ac-Di-Sol sebagai penghancur. Undergraduate thesis, Widya Mandala Catholic University Surabaya.

[thumbnail of ABSTRAK]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (387kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (235kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (522kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (512kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5]
Preview
Text (BAB 5)
BAB 5.pdf

Download (222kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Sirsak (Annona muricata L.) adalah salah satu tanaman yang digunakan untuk pengobatan tradisional yang memiliki zat berkhasiat rutin yang dapat digunakan untuk menurunkan kadar asam urat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh konsentrasi PVP K-30 dan konsentrasi Ac-Di-Sol terhadap mutu dan sifat fisik tablet pada pembuatan tablet ekstrak kering daun sirsak yang diperoleh dari PT.Javaplant. Tablet dibuat dengan menggunakan metode granulasi basah. Dosis untuk satu tablet adalah 100 mg/kg BB. Optimasi pengikat dan penghancur dilakukan dengan menggunakan desain faktorial dengan software factorial design ver 7.0. Faktor yang digunakan adalah kombinasi pengikat PVP K-30 (-) 3% dan (+) 5%, sedangkan penghancur Ac-Di-Sol (-) 2% dan (+) 5%. Respon yang digunakan pada penelitian ini adalah kekerasan, kerapuhan, dan waktu hancur. Konsentrasi PVP K-30 secara signifikan meningkatkan kekerasan dan waktu hancur, sedangkan Ac-Di-Sol secara signifikan meningkatkan kekerasan dan waktu hancur tablet. Interaksi kedua faktor yaitu PVP K-30 dan Ac-Di-Sol juga memberikan pengaruh signifikan terhadap kekerasan dan waktu hancur tablet. Berdasarkan program optimasi Design-Expert, diperoleh formula optimum yaitu formula dengan kombinasi konsentrasi PVP K-30 3,22% dan konsentrasi Ac-Di-Sol 4,80% dengan prediksi sifat fisik kekerasan, kerapuhan, dan waktu hancur yang memenuhi persyaratan yaitu kekerasan 4,75 kp; kerapuhan 0,1264 %; dan waktu hancur 10,11 menit.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: ["eprint_fieldopt_department_Faculty of Pharmacy" not defined]
Uncontrolled Keywords: Asam urat, Annona muricata L.,PVP K-30, Ac-Di-Sol, tablet
Subjects: Pharmacy
Divisions: Faculty of Pharmacy > Pharmacy Study Program
Depositing User: Anastasia Lalojawa
Date Deposited: 21 Jul 2017 04:12
Last Modified: 21 Jul 2017 04:12
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/11461

Actions (login required)

View Item View Item