Pengembangan media pembelajaran IPA berbasis komputer dengan Augmented Reality pada sub pokok bahasan tata surya

Rahmansyah, Rezki Agung (2017) Pengembangan media pembelajaran IPA berbasis komputer dengan Augmented Reality pada sub pokok bahasan tata surya. Undergraduate thesis, Widya Mandala Catholic University Surabaya.

[thumbnail of ABSTRAK]
Preview
Text (ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (161kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (525kB)
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (388kB)
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (896kB)
[thumbnail of BAB 5]
Preview
Text (BAB 5)
BAB 5.pdf

Download (176kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Perkembangan digitalisasi sangat pesat, namun belum sepenuhnya dimanfaatkan secara maksimal dalam pembelajaran. Dalam dunia pendidikan guru masih menggunaan media pembelajaran yang sederhana. Sehingga dibutuhkan media pembelajaran yang memanfaatkan salah satu bentuk perkembangan digital. Penelitian ini bertujuan untuk memanfaatkan program Augmented Reality dalam pengembangan media pembelajaran IPA berbasis komputer pada sub pokok bahasan Tata Surya untuk siswa SD. Hasil dari penelitian ini berupa kartu Augmented Reality pada sub pokok bahasan Tata Surya yang dapat membantu siswa untuk memahami materi tentang Tata Surya yang dilengkapi dengan penjelasan dari masing-masing planet. Media yang dikembangkan telah melalui uji validas dan tergolong sangat baik dengan skor 4,2. Media juga telah diujicobakan secara terbatas kepada 15 orang mahasiswa pendidikan Fisika Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya dengan skor 5,34. Uji lapangan dilakukan terhadap 15 siswa kelas 4 SD Growing Kid Surabaya. Berdasarkan data test dan data angket diperoleh skor sebesar 93,33% telah memenuhi SKM SD Growing Kid Surabaya dan 91,5% responden menyatakan bahwa media yang dikembangkan sangat baik dan membantu siswa memahami Tata Surya dengan menggunakan kartu Augmented Reality.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: ["eprint_fieldopt_department_Faculty of Teachers Training and Education" not defined]
Uncontrolled Keywords: Tata Surya, media pembelajaran, Augmented Reality
Subjects: Physic Education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Physics Education Study Program
Depositing User: Rezki Agung Rahmansyah
Date Deposited: 28 Jul 2017 02:44
Last Modified: 28 Jul 2017 02:44
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/11491

Actions (login required)

View Item View Item