Pengembangan media pembelajaran mandiri berupa papan permainan “Heat& Monster Bingo” untuk pokok bahasan suhu dan kalor

Putri, Emilia Fandira Nasera (2017) Pengembangan media pembelajaran mandiri berupa papan permainan “Heat& Monster Bingo” untuk pokok bahasan suhu dan kalor. Undergraduate thesis, Widya Mandala Catholic University Surabaya.

[thumbnail of ABSTRAK]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (276kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (581kB)
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (384kB)
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (663kB)
[thumbnail of BAB 5]
Preview
Text (BAB 5)
BAB 5.pdf

Download (66kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Pelajaran fisika memuat banyak teori serta konsep yang tidak mudah dijelaskan melalui metode ceramah. Guru dituntut untuk menggunakan metode dan media pembelajaran yang bervariasi. Keterbatasan waktu pengajaran serta alat eksperimen yang ada di sekolah menjadi faktor mengapa fisika hanya dijelaskan melalui metode ceramah. Akhirnya, siswa dipaksa untuk menjadi pendengar dan menghafal semua materi yang diberikan guru. Padahal untuk siswa yang lemah dalam berkonsentrasi dan menghafal hal ini tidaklah mudah. Media pembelajaran mandiri dengan bentuk permainan memiliki kemampuan untuk mengajak siswa menjadi pelaku aktif dalam proses pembelajaran. Siswa diajak untuk mencari tahu, menemukan, dan belajar bersama teman sebaya dalam suasana yang menyenangkan. Minat siswa dapat terbentuk serta materi fisika dapat tersampaikan dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk membuat media pembelajaran mandiri berupa papan permainan “Heat&Monster Bingo” yang dapat digunakan siswa sebagai media belajar dan dapat digunakan guru sebagai alat bantu pembelajaran pada pokok bahasan suhu dan kalor. Met¬ode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian pengembangan. Model permainan bingo dikembangkan menjadi media pembelajaran permainan yang berisikan keseluruhan materi pada pokok bahasan suhu dan kalor. Hasil penelitian ini berupa papan permainan “Heat&Monster Bingo” yang dilengkapi dengan kartu soal, buku jawaban, instruksi dan elixir yang disajikan dalam dua bahasa yaitu bahasa Indonesia dan bahasa Inggris. Melalui validasi oleh ahli materi dan media, media pembelajaran “Heat&Monster Bingo” mendapatkan nilai rata-rata 4,23 dengan kriteria sangat baik. Media juga telah diujikan secara terbatas kepada 16 orang mahasiswa jurusan Pendidikan Fisika Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya dengan kriteria penilaian sangat baik dengan nilai 4,58. Uji lapangan kemudian dilakukan kepada 45 siswa kelas X SMAK Santo Thomas Aquino Mojokerto. Hasil yang didapat berdasarkan angket 88,47% siswa setuju bahwa media ini menarik dan dapat membantu siswa memahami materi pada pokok bahasan suhu dan kalor. Sehingga media pembelajaran mandiri “Heat& Monster Bingo” dapat digunakan sebagai sarana belajar mandiri pada pokok bahasan suhu dan kalor.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: ["eprint_fieldopt_department_Faculty of Teachers Training and Education" not defined]
Uncontrolled Keywords: Media pembelajaran mandiri, papan permainan, suhu dan kalor
Subjects: Physic Education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Physics Education Study Program
Depositing User: Emilia Fandira Nasara Putri
Date Deposited: 28 Jul 2017 02:45
Last Modified: 28 Jul 2017 02:45
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/11492

Actions (login required)

View Item View Item