Analisis dan perancangan standard operating procedure (SOP) terhadap siklus penjualan pada perusahaan dagang bahan kebutuhan pokok (Studi kasus pada CV.Mapan)

Loenardi, Fernanda Maurilla (2017) Analisis dan perancangan standard operating procedure (SOP) terhadap siklus penjualan pada perusahaan dagang bahan kebutuhan pokok (Studi kasus pada CV.Mapan). Undergraduate thesis, Widya Mandala Catholic University Surabaya.

[thumbnail of ABSTRAK]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (691kB) | Preview
[thumbnail of BAB I]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (513kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (492kB)
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[thumbnail of BAB 5]
Preview
Text (BAB 5)
BAB V.pdf

Download (515kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN]
Preview
Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian studi kasus perusahaan dagang yang bergerak di bidang bahan kebutuhan pokok yang dilakukan di CV. Mapan. Siklus penjualan merupakan hal yang sangat penting dan berpengaruh pada laba perusahaan. Maka dari itu diperlukan sebuah sistem informasi yang baik pada siklus penjualan untuk menjaga stabilitas penerimaan kas perusahaan. Permasalahan yang dihadapi oleh CV. Mapan dalam siklus penjualan antara lain karena dokumen yang kurang teratur dan prosedur yang kurang memadai. Oleh karena itu dibutuhkan prosedur yang dibakukan agar setiap karyawan dapat bekerja dengan maksimal dan sesuai dengan prosedur perusahaan. Maka dari itu penelitian ini bertujuan untuk melakukan analisis dan perancangan standard operating procedure untuk meningkatkan aktivitas pengendalian perusahaan. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini berasal dari pihak internal perusahaan yaitu CV. Mapan dengan menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Penelitian ini dimulai dari melakukan analisis, melakukan perbaikan, mengevaluasi dan melakukan perancangan standard operating procedure atas siklus penjualan perusahaan. Selain itu, penelitian ini juga memberikan solusi untuk masalah yang dihadapi perusahaan dalam siklus penjualan. Solusi yang diberikan oleh peneliti yaitu revisi serta membuat dokumen baru terkait siklus penjualan serta memperbaiki prosedur atas siklus penjualan perusahaan agar dapat meningkatkan aktivitas pengendalian.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: ["eprint_fieldopt_department_Faculty of Business" not defined]
Uncontrolled Keywords: Standard Operating Procedure, siklus penjualan, aktivitas pengendalian
Subjects: Business > Accounting
Divisions: Faculty of Business > Accounting Undergraduate Study Program
Depositing User: Fernanda Maurilla Loenardi
Date Deposited: 27 Jul 2017 07:12
Last Modified: 27 Jul 2017 07:12
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/11663

Actions (login required)

View Item View Item