Pengaruh book-tax differences terhadap peringkat obligasi pada perusahaan manufaktur di Bursa Efek Indonesia periode 2010-2015

Salim, Muhamad (2017) Pengaruh book-tax differences terhadap peringkat obligasi pada perusahaan manufaktur di Bursa Efek Indonesia periode 2010-2015. Undergraduate thesis, Widya Mandala Catholic University Surabaya.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (491kB) | Preview
[img] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (785kB)
[img] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (613kB)
[img] Text (BAB 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (517kB)
[img]
Preview
Text (BAB 5)
BAB 5.pdf

Download (466kB) | Preview
[img] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (450kB)

Abstract

Peringkat obligasi merupakan skala risiko dari obligasi sehingga penting karena dapat dijadikan tolok ukur untuk mengetahui kemampuan perusahaan dalam memenuhi kewajibannya. Laporan keuangan digunakan sebagai salah satu sumber informasi dalam proses pemberian peringkat, hal ini menyebabkan manajemen mempunyai kecenderungan untuk membuat laporan keuangan terlihat baik salah satunya dengan melakukan manajemen laba. Manajemen laba dapat diidentifikasi dengan melihat perbedaan laba akuntansi dan laba fiskal yang dikenal dengan istilah book-tax differences. Book-tax differences dapat memberikan informasi yang cenderung negatif dan mempengaruhi peringkat obligasi. Oleh karena itu, tujuan penelitian adalah menguji dan menganalisis pengaruh book-tax differences terhadap peringkat obligasi pada perusahaan manufaktur di Bursa Efek Indonesia. Desain penelitian adalah kuantitatif dengan hipotesis. Jenis data yang digunakan adalah data kuantitatif berupa laporan keuangan perusahaan manufaktur yang diperoleh dari website BEI dan website masing-masing perusahaan serta data kualitatif berupa peringkat obligasi yang dikeluarkan oleh PT. Pefindo yang diperoleh dari website PT. Pefindo. Objek penelitian adalah perusahaan manufaktur di Bursa Efek Indonesia yang menerbitkan obligasi periode 2010-2015. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi logistik. Hasil analisis menunjukkan bahwa book-tax differences tidak berpengaruh signifikan terhadap peringkat obligasi. Hal ini berarti lembaga pemeringkat tidak menganggap book-tax differences sebagai sinyal negatif terkait kondisi perusahaan sehingga tidak perlu menurunkan peringkat obligasi perusahaan. Selain itu dapat disebabkan book-tax differences yang terjadi bukan diakibatkan oleh adanya praktik manajemen laba melainkan perbedaan aplikasi ketentuan akuntansi berdasarkan SAK dan ketentuan fiskal berdasarkan Undang-undang perpajakan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Peringkat obligasi, manajemen laba, book-tax differences
Subjects: Business > Accounting
Business
Divisions: Faculty of Business > Accounting Undergraduate Study Program
Depositing User: Muhamad Salim
Date Deposited: 28 Jul 2017 01:49
Last Modified: 28 Jul 2017 01:49
URI: http://repository.wima.ac.id/id/eprint/11710

Actions (login required)

View Item View Item