Hubungan antara sikap terhadap layanan bimbingan dengan intensi memanfaatkan layanan bimbingan pada siswa-siswa SMUK Stella Maris Surabaya

Kurniawan, Debora (2002) Hubungan antara sikap terhadap layanan bimbingan dengan intensi memanfaatkan layanan bimbingan pada siswa-siswa SMUK Stella Maris Surabaya. Undergraduate thesis, Widya Mandala Catholic University Surabaya.

[thumbnail of ABSTRAK]
Preview
Text (ABSTRAK)
Abstrak.pdf

Download (332kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (429kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (959kB)
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (266kB)
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (358kB)
[thumbnail of BAB 5]
Preview
Text (BAB 5)
BAB 5.pdf

Download (510kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN]
Preview
Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf

Download (896kB) | Preview

Abstract

Melalui program-programnya, layanan bimbingan di sekolah membantu siswa untuk dapat menjalankan tugas-tugas perkembangannya dengan optimal. Berbeda dengan siswa-siswa yang menunjukkan intensi rendah dalam memanfaatkan layanan bimbingan, siswa-siswa kelas 11 SMUK Stella Maris Surabaya menunjukkan peningkatan intensi memanfaatkan layanan bimbingan. Theory of Reasoned Action (dalam Sears, Freedman & Peplau, 1994: 154) menyatakan bahwa faktor sikap mempengaruhi intensi sehingga diperkirakan adanya hubungan yang signifikan antara sikap terhadap layanan bimbingan dengan intensi memanfaatkan layanan bimbingan. Oleh karena itu, tujuan penelitian ini adalah untuk menguji hubungan antara sikap terhadap layanan bimbingan dengan intensi memanfaatkan layanan bimbingan dimana faktor norma subjektif terhadap layanan bimbingan dikendalikan. Subjek penelitian adalah siswa-siswa SMUK Stella Maris Surabaya, kelas 11-4 dan 11-5 sebanyak 70 orang yang diambil dengan teknik simple cluster sampling. Metode pengumpulan datanya menggunakan angket yaitu angket sikap terhadap layanan bimbingan, angket intensi memanfaatkan layanan bimbingan, angket norma subjektif terhadap layanan bimbingan. Berdasarkan hasil uji validitas, seluruh item dalam setiap angket dinyatakan sahih. Nilai koefisien reliabilitas angket sikap terhadap layanan bimbingan sebesar 0,940 koefisien reliabilitas angket intensi memanfaatkan layanan bimbingan sebesar 0,969 dan koefisien reliabilitas angket norma subjektif terhadap layanan bimbingan sebesar 0,929 dengan p < 0,01 pada masing-masing angket sehingga ketiga angket dikategorikan andal. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah korelasi parsial dan hasil yang diperoleh adalah nilai korelasi sebesar 0,482 dengan p < 0,01 yang berarti sangat signifikan sehingga hipotesis nihil ditolak dan hipotesis altematif diterima. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa ada hubungan yang sangat signifikan antara sikap terhadap layanan bimbingan dengan intensi memanfaatkan layanan bimbingan, dengan mengendalikan norma subjektif terhadap layanan bimbingan pada siswa-siswa kelas 11 SMUK Stella Maris Surabaya. Semakin positif sikap siswa terhadap layanan bimbingan maka semakin tinggi intensinya untuk memanfaatkan layanan bimbingan. Koefisien determinannya adalah 0,232, yang berarti sumbangan variabel sikap terhadap layanan bimbingan terhadap intensi memanfaatkan layanan bimbingan, dengan mengendalikan norma subjektif terhadap layanan bimbingan adalah 23,2%.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: ["eprint_fieldopt_department_Faculty of Psycology" not defined]
Uncontrolled Keywords: Layanan bimbingan
Subjects: Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Psychology Study Program
Depositing User: Users 33 not found.
Date Deposited: 12 Feb 2015 01:52
Last Modified: 12 Feb 2015 01:52
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/1175

Actions (login required)

View Item View Item