Pengembangan perangkat pembelajaran model inkuiri terbimbing berbantuan Physics Education Technology Simulations pokok bahasan fluida dinamis untuk melatihkan keterampilan proses sains dan meningkatkan hasil belajar siswa SMA Katolik St.Louis 1 Surabaya Kelas XI-IPA 5

Pranata, Antonius Widya (2017) Pengembangan perangkat pembelajaran model inkuiri terbimbing berbantuan Physics Education Technology Simulations pokok bahasan fluida dinamis untuk melatihkan keterampilan proses sains dan meningkatkan hasil belajar siswa SMA Katolik St.Louis 1 Surabaya Kelas XI-IPA 5. Undergraduate thesis, Widya Mandala Catholic University Surabaya.

[thumbnail of ABSTRAK]
Preview
Text (ABSTRAK)
Abstrak.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB I.pdf

Download (181kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (745kB)
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (382kB)
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (635kB)
[thumbnail of BAB 5]
Preview
Text (BAB 5)
Bab V.pdf

Download (325kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (17MB)

Abstract

Telah dilakukan penelitian pengembangan perangkat pembelajaran model inkuiri terbimbing berbantuan Physics education Technology Simulations untuk melatihkan keterampilan proses sains dan meningkatkan hasil belajar siswa SMA Katolik St. Louis 1 Surabaya. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan berupa Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, Buku Siswa, Lembar Kegiatan Siswa, Lembar Kegiatan Siswa untuk Guru, dan Rencana Evaluasi. Perangkat pembelajaran ini telah diujicobakan pada 40 siswa kelas XIIPA 5 SMA Katolik St. Louis 1 Surabaya dengan hasil keterampilan proses sains yang baik dan dapat meningkatkan hasil belajar. Hal ini ditunjukkan dengan perangkat pembelajaran yang dihasilkan telah memenuhi syarat kevalidan, kepraktisan dan keefektifan dengan kategori baik, dan hasil penelitian ini telah memenuhi indikator keberhasilan dengan ditunjukkan kategori keterlaksanaan RPP yang sangat baik yaitu 90,59% dan keterampilan proses sains siswa 3,57 dapat terlatih dengan baik, serta ditunjukkan pula siswa yang mengalami peningkatan hasil belajar yaitu N-Gain 0,67 dan 80% siswa mencapai ketuntasan KKM.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: ["eprint_fieldopt_department_Faculty of Teacher Training and Education" not defined]
Uncontrolled Keywords: Perangkat Pembelajaran, Inkuiri Terbimbing, Fluida Dinamis, Keterampilan Proses Sains, Hasil Belajar
Subjects: Physic Education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Physics Education Study Program
Depositing User: Antonius Widya P.
Date Deposited: 01 Aug 2017 01:33
Last Modified: 24 Oct 2017 05:10
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/11788

Actions (login required)

View Item View Item