Pengaruh komite audit, ukuran perusahaan, kepemilikan institusional dan leverage terhadap manajemen laba pada perusahaan manufaktur di BEI Tahun 2012-2015

Harno, Christina Melati Putri (2017) Pengaruh komite audit, ukuran perusahaan, kepemilikan institusional dan leverage terhadap manajemen laba pada perusahaan manufaktur di BEI Tahun 2012-2015. Undergraduate thesis, Widya Mandala Catholic University Surabaya.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
COVER & HALAMAN PENGESAHAN DLL.pdf

Download (289kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (165kB) | Preview
[img] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (394kB)
[img] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (177kB)
[img] Text (BAB 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (274kB)
[img]
Preview
Text (BAB 5)
BAB 5.pdf

Download (176kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh komite audit, kepemilikan institusional, leverage dan ukuran perusahaan terhadap manajemen laba pada perusahaan manufaktur di BEI. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data kuantitatif. Sedangkan sumber data yang digunakan adalah data sekunder. Dalam penelitian ini populasi yang ditetapkan adalah seluruh perusahaan manufaktur terdaftar BEI tahun 2012-2015. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah penarikan sampel purposive. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis regresi linier berganda. Berdasarkan hasil penelitian didapatkan bahwa dari ke empat variabel bebas yang diteliti hanya variabel ukuran perusahaan yang berpengaruh signifikan terhadap manajemen laba. Sedangkan untuk variabel komite audit, kepemilikan institusional dan leverage tidak berpengaruh signifikan terhadap manajemen laba. Tidak berpengaruhnya variabel komite audit dan kepemilikan institusional. Lebih disebabkan karena di dalam perusahaan sudah ada komite audit namun rapat yang dilakukan < 5 kali dalam setahun komite audit, hal tersebut menyebabkan komite audit belum melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya secara maksimal sehingga fungsi dan perannya tidak efektif. Sedangkan untuk kepemilikan institusi, lebih disebabkan karena saham perusahaan dimiliki oleh institusi hanya sebesar 46,14%, sehingga kurang aktif dalam memberikan tekanan pada aktivitas manajemen dibandingkan dengan institusi yang lebih besar. Selain itu leverage juga tidak berpengaruh signifikan terhadap manajemen laba, hal ini disebabkan rata-rata perusahaan yang menjadi sampel penelitian memiliki leverage yang aman dalam arti perusahaan mampu membayar hutang yang digunakan untuk membiayai aset perusahaan, maka manajer tidak tertarik atau tidak termotivasi untuk melakukan praktek manajemen laba. Ini disebabkan karena perusahaan tidak membutuhkan tindakan-tindakan yang akan membantu perusahaan dalam situasi tertentu.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Komite audit, kepemilikan institusional, leverage, ukuran perusahaan dan manajemen laba
Subjects: Business > Accounting
Divisions: Faculty of Business > Accounting Undergraduate Study Program
Depositing User: Christina Melati Putri Harno
Date Deposited: 31 Jul 2017 02:21
Last Modified: 31 Jul 2017 02:21
URI: http://repository.wima.ac.id/id/eprint/11800

Actions (login required)

View Item View Item