Hubungan antara aktivitas fisik dengan kualitas hidup manusia lanjut usia di Panti Werdha Griya Usia Lanjut Santo Yosef Surabaya

Bukada, Yulisabeth (2017) Hubungan antara aktivitas fisik dengan kualitas hidup manusia lanjut usia di Panti Werdha Griya Usia Lanjut Santo Yosef Surabaya. Undergraduate thesis, Widya Mandala Catholic University Surabaya.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (268kB) | Preview
[img] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (433kB)
[img] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (252kB)
[img] Text (BAB 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (815kB)
[img] Text (BAB 5)
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (606kB)
[img] Text (BAB 6)
BAB 6.pdf
Restricted to Registered users only

Download (274kB)
[img]
Preview
Text (BAB 7)
BAB 7 DAPUS.pdf

Download (300kB) | Preview
[img] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN ARTIKEL.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Pada saat memasuki masa tua, seseorang mengalami kemunduran fisik. Salah satu kemunduran aktivitas ditandai dengan gerakan lambat, dan fitur tubuh yang tidak proposioanal. Keadaan ini menyebabkan kualitas hidup pada lansia juga menurun. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis hubungan antara aktivitas fisik dengan kualitas hidup pada lanjut usia di Panti werdha Griya Usia Lanjut Santo Yosef Surabaya dengan menggunakan desain penelitian korelasional melalui pendekatan cross sectional. Variabel independen dalam penelitian ini yaitu aktivitas fisik sedangkan variabel dependen dalam penelitian ini adalah kualitas hidup. Populasi dalam penelitian ini adalah semua lansia yang tinggal di Panti Werdha Griya Usia Lanjut Santo Yosef Surabaya sebanyak 150 orang. Sampel dalam penelitian ini adalah lansia yang tinggal di Panti Werdha Griya Usia Lanjut Santo Yosef Surabaya yang memenuhi kriteria inklusi yaitu lansia berusia ≥60 tahun, bisa membaca dan menulis, dapat berkomunikasi dengan lancar, masih mampu melakukan aktivitas sehari-hari, dan kriteria ekslusi yaitu lansia yang tidak bersedia menjadi responden, lansia yang mengalami stroke, dan lansia yang sedang mengalami depresi, disabilitas, dan penurunan persepsi sensori. Teknik sampling yang digunakan adalah dengan teknik purposive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 35 orang. Alat ukur dalam penelitian ini menggunakan kuisioner untuk aktivitas fisik dan kualitas hidup dan dianalisa menggunakan uji korelasi Spearman Rank. Hasil penelitian yang dilakukan menunjukan adanya korelasi yang sedang (r= 0,510) dan signifikan (p= 0,002) yang berarti bahwa ada hubungan yang positif yang signifikan antara aktivitas fisik dengan kualitas hidup lanjut usia. Ini berarti semakin tinggi aktivitas semakin tinggi pula kualitas hidup lansia.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Aktivitas Fisik, Kualitas Hidup, Lansia
Subjects: Nursing Science
Divisions: Faculty of Nursing > Nursing Science Study Program
Depositing User: Yulisabeth Bukada
Date Deposited: 01 Aug 2017 03:00
Last Modified: 01 Aug 2017 03:00
URI: http://repository.wima.ac.id/id/eprint/11813

Actions (login required)

View Item View Item