Hubungan antara ketepatan menggosok gigi dengan stadium karies gigi pada anak kelas 5 dan 6 di SDN Bulak Rukem 2 Surabaya

Dewi, Wenny Aprilia Roes Patria (2017) Hubungan antara ketepatan menggosok gigi dengan stadium karies gigi pada anak kelas 5 dan 6 di SDN Bulak Rukem 2 Surabaya. Undergraduate thesis, Widya Mandala Catholic University Surabaya.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
cover edit edit lagi.pdf

Download (736kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
bab 1 fix.pdf

Download (89kB) | Preview
[img] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (119kB)
[img] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (76kB)
[img] Text (BAB 4)
bab 4 coyy.pdf
Restricted to Registered users only

Download (246kB)
[img] Text (BAB 5)
BAB 5 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (321kB)
[img] Text (BAB 6)
BAB 6 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (29kB)
[img]
Preview
Text (BAB 7)
BAB 7.pdf

Download (154kB) | Preview
[img] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN ARTIKEL.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Kesehatan gigi dan mulut adalah salah satu masalah kesehatan yang membutuhkan penanganan yang berkesinambungan. Ketepatan menggosok gigi adalah hal terpenting pada perawatan gigi. Sebagian besar masyarakat Indonesia memiliki kebiasaan menggosok gigi yang tidak tepat. Kebiasaan menggosok gigi yang tidak tepat dapat mengakibatkan terjadinya karies gigi. Karies gigi merupakan sebuah penyakit infeksi yang merusak struktur gigi, penyakit ini dapat menyebabkan gigi berlubang. Tujuan penelitian ini adalah menjelaskan hubungan antara ketepatan menggosok gigi dengan stadium karies gigi pada anak kelas 5 dan 6. Pada penelitian ini menggunakan desain korelasi dengan pendekatan cross sectional. Variabel pada penelitian ini adalah stadium karies sebagai variable dependen, dan ketepatan menggosok gigi adalah variabel independen. Populasi yang digunakan pada penelitian ini adalah seluruh siswa siswi kelas 5 dan 6 SD di SDN Bulak Rukem 2 Surabaya dengan jumlah 200 orang. Sampel dari penelitian ini adalah siswa kelas 5 dan 6 SDN Bulak Rukem Timur 2 Surabaya yang berjumlah 110 orang dengan menggunakan teknik proportional random sampling. Uji hipotesis menggunakan rank spearman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 77% responden menggosok gigi dengan cara yang tepat dan 23% menggosok gigi dengan cara yang tidak tepat, 67,2% mengalami karies gigi stadium ringan, 19,2% karies stadium sedang, dan 13,6% mengalami karies stadium berat.hasil uji hipotesis penelitian ini memiliki nilai korelasi (r) = 0,392 dan nilai p= 0,000 yang berarti ada hubungan antara ketepatan menggosok gigi dengan stadium karies gigi dengan kekuatan hubungan yang rendah namun signifikan. Hal ini berarti semakin tepat menggosok gigi maka semakin rendah stadium karies. Karena semakin seseorang mampu membersihkan gigi dengan cara gosok gigi yang tepat, maka faktor penyebab karies gigi juga berkurang sehingga mengakibatkan stadium karies akan semakin ringan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Ketepatan Menggosok Gigi, Stadium Karies Gigi
Subjects: Nursing Science
Divisions: Faculty of Nursing > Nursing Science Study Program
Depositing User: Wenny Aprilia R.P.D.
Date Deposited: 01 Aug 2017 05:00
Last Modified: 01 Aug 2017 05:00
URI: http://repository.wima.ac.id/id/eprint/11917

Actions (login required)

View Item View Item