Pengaruh terapi aktivitas kelompok (TAK) stimulasi persepsi terhadap perubahan harga diri pada pasien skizofrenia dengan harga diri rendah (HDR) usia produktif di Rumah Sakit Jiwa Menur Provinsi Jawa Timur

Mauk, Ledi Adesti (2017) Pengaruh terapi aktivitas kelompok (TAK) stimulasi persepsi terhadap perubahan harga diri pada pasien skizofrenia dengan harga diri rendah (HDR) usia produktif di Rumah Sakit Jiwa Menur Provinsi Jawa Timur. Undergraduate thesis, Widya Mandala Catholic University Surabaya.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
cover-abstrak.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (104kB) | Preview
[img] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (275kB)
[img] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (148kB)
[img] Text (BAB 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (319kB)
[img] Text (BAB 5)
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (285kB)
[img] Text (BAB 6)
BAB 6.pdf
Restricted to Registered users only

Download (173kB)
[img]
Preview
Text (BAB 7 DAFTAR PUSTAKA)
BAB 7.pdf

Download (103kB) | Preview
[img] Text (LAMPIRAN ARTIKEL ILMIAH)
lampiran-artikel ilmiah.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Pada usia produktif banyak yang mengalami skizofrenia dengan masalah keperawatan harga diri rendah (HDR) yang diakibatkan kegagalan individu dalam mencapai apa yang diharapkan. HDR adalah perasaan tidak berharga akibat evaluasi negatif terhadap diri sendiri yang apabila tidak ditangani dapat mengakibatkan pasien mengalami isolasi sosial. Salah satu terapi untuk menangani HDR adalah terapi aktivitas kelompok (TAK) stimulasi persepsi. Penelitian ini dilakukan untuk mengukur pengaruh TAK stimulasi persepsi terhadap perubahan harga diri pada pasien skizofrenia dengan HDR usia produktif. Penelitian ini menggunakan pre-eksperimental design dengan pendekatan one grup pre test-post test. Populasinya adalah semua pasien skizofrenia dengan HDR usia produktif di ruang kenari RSJ Menur Provinsi Jawa Timur berjumlah 19 orang. Sampel dipilih dari populasi yang memenuhi kriteria inklusi berjumlah 16 responden. Metode samplingnya adalah purposive sampling. Variebel independen TAK stimulasi persepsi sedangkan variabel dependen adalah harga diri. Alat ukur untuk HDR adalah kuesioner harga diri dengan skala likert dan lembar observasi dengan skala guttman. Uji hipotesis menggunakan Wilcoxon Signed Rank Test. Hasil penelitian menunjukan p=0,000 (p < α) yang artinya ada pengaruh yang signifikan sebelum dan sesudah diberikan TAK stimulasi persepsi terhadap perubahan harga diri pada pasien skizofrenia dengan HDR usia produktif. Hal ini disebabkan karena adanya stimulus atau rangsangan yang diberikan sehingga menghasilkan persepsi positif.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Terapi Aktivitas Kelompok (TAK) Stimulasi Persepsi, Harga Diri Rendah (HDR), Usia Produktif
Subjects: Nursing Science
Divisions: Faculty of Nursing > Nursing Science Study Program
Depositing User: Ledi Adesti Mauk
Date Deposited: 01 Aug 2017 05:05
Last Modified: 01 Aug 2017 05:05
URI: http://repository.wima.ac.id/id/eprint/11930

Actions (login required)

View Item View Item