Hubungan antara persepsi remaja terhadap harapan orang tua dengan prestasi belajar matematika

Ie Ing, . (2002) Hubungan antara persepsi remaja terhadap harapan orang tua dengan prestasi belajar matematika. Undergraduate thesis, Widya Mandala Catholic University Surabaya.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
Abstrak.pdf

Download (277kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (261kB) | Preview
[img] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (580kB)
[img] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (282kB)
[img] Text (BAB 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (280kB)
[img]
Preview
Text (BAB 5)
BAB 5.pdf

Download (319kB) | Preview
[img]
Preview
Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf

Download (679kB) | Preview

Abstract

Prestasi belajar pada siswa sekolah dipengaruhi oleh beberapa faktor, salah satunya adalah variabel dalam penelitian ini yaitu persepsi remaja terhadap harapan orangtua. Siswa yang merasa orangtua memiliki harapan agar dirinya berhasil dalam pendidikan akan lebih bersemangat dalam mengikuti pelajaran. Namun seiring dengan perkembangan zaman yang demikian pesat, harapan orangtua tersebut hanya menjadi bagian yang tidak terlalu berpengaruh pada proses belajar anaknya. Faktor motivasi dan peran guru les ternyata lebih berpengaruh dalam pendidikan remaja. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui ada tidaknya hubungan antara persepsi remaja terhadap harapan orangtua dengan prestasi belajar matematika. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa-siswi kelas II SMUK St.Louis I yang memiliki IQ normal. Pengambilan data dilakukan dengan angket persepsi remaja terhadap harapan orangtua. Tehnik analisis yang digunakan adalah korelasi Product Moment Pearson dengan memakai paket SPS dari Sutrisno Hadi dan Seno Parmadiyanto tahun 1994. Dari 121 subyek yang diperoleh,setelah data dianalisis, maka diperoleh basil bahwa: 1. Tidak ada hubungan antara persepsi remaja terhadap harapan orangtua dengan prestasi belajar matematika dengan r= 0,083 dan p= 0,630. 2. Sebagian besar persepsi remaja terhadap harapan orangtua tergolong sedang (69,42%). 3. Sebagian besar prestasi belajar matematika tergolong cukup (66,12%). Disarankan bagi peneliti lanjutan agar meneliti faktor-faktor yang lebih mempengaruhi prestasi belajar siswa seperti bakat, minat dan peran guru les dalam pendidikan siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Persepsi remaja, harapan orangtua, prestasi belajar matematika
Subjects: Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Psychology Study Program
Depositing User: Users 33 not found.
Date Deposited: 04 Feb 2015 02:18
Last Modified: 12 Feb 2015 01:52
URI: http://repository.wima.ac.id/id/eprint/1196

Actions (login required)

View Item View Item