Studi perbedaan harapan berprestasi ibu terhadap anak slow learner ditinjau dari tingkat pendidikan ibu

Estheriani, Ni Gusti Nyoman (2002) Studi perbedaan harapan berprestasi ibu terhadap anak slow learner ditinjau dari tingkat pendidikan ibu. Undergraduate thesis, Widya Mandala Catholic University Surabaya.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
Abstrak.pdf

Download (290kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (217kB) | Preview
[img] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (632kB)
[img] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (209kB)
[img] Text (BAB 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (468kB)
[img]
Preview
Text (BAB 5)
BAB 5.pdf

Download (425kB) | Preview
[img]
Preview
Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Harapan berprestasi seseorang dipengaruhi oleh beberapa faktor, salah satunya adalah variabel dalam penelitian ini yaitu tingkat pendidikan ibu. Tingkat pendidikan dapat mempengaruhi harapan berprestasi ibu terhadap anak Slow Learner. Orangtua yang berpendidikan tinggi, lebih mengerti arti pendidikan bagi anak-anaknya sebaliknya orangtua yang berpendidikan rendah tidak terlalu berharap terhadap pendidikan anak-anaknya. Subyek dalam penelitian ini adalah ibu karena ibu adalah tokoh utama (pegangan)bagi anak khususnya pada awal kehidupan. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan harapan berprestasi ibu terhadap anak Slow Learner ditinjau dari tingkat pendidikan ibu yang sarjana dan bukan sarjana. Populasi dalam penelitian ini adalah ibu yang memiliki anak Slow Learner yang bersekolah di Sekolah Khusus 'Santa Bernadette' dan 'Bina Mandiri' Surabaya tahun ajaran 2002-2003. Teknik pengambilan sampel adalah Quota Sampling. Pengambilan data dilakukan dengan kuesioner harapan berprestasi Ibu terhadap anak Slow Learner. Teknik yang digunakan adalah Analisis-Dwivariat dengan program Uji T-Student dari Sutrisno Hadi dan Seno Parmardiyanto tahun 1994. Dari 50 subyek yang diperoleh, data dianalisa dan hasil yang diperoleh adalah: 1. Tidak ada perbedaan harapan berprestasi ibu terhadap anak Slow Learner antara ibu yang sarjana dan bukan sarjana dengan p = 0,083. 2. Sebagian besar harapan berprestasi ibu terhadap anak Slow Learner tergolong tinggi (68%). 3. Jawaban yang relatif sama, adanya harapan yang tinggi, ciri-ciri subyek yang sama baik pekerjaan maupun status perkawinan),kesadaran menyediakan biaya untuk pendidikan anak, adalah faktor-faktor yang menyebabkan tidak adanya perbedaan harapan berprestasi ibu terhadap anak Slow Learner ditinjau dari tingkat pendidikan ibu yang sarjana dan bukan sarjana pada penelitian ini. 4. Harapan berprestasi ibu yang tinggi terhadap anak Slow Learner dalam penelitian ini tidak dibatasi oleh urutan kelahiran dan jenis kelamin anak. 5. Sebagian besar ibu baik yang sarjana dan bukan sarjana cenderung berusaha semaksimal mungkin untuk kemajuan anaknya. Disarankan bagi peneliti lanjutan agar meneliti faktor tingkat pendidikan ayah, budaya keluarga, dan status ekonomi yang mungkin dapat menjadi pengaruh bagi sebuah harapan berprestasi terhadap anak Slow Learner

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Psychology Study Program
Depositing User: Users 33 not found.
Date Deposited: 12 Feb 2015 01:53
Last Modified: 12 Feb 2015 01:53
URI: http://repository.wima.ac.id/id/eprint/1197

Actions (login required)

View Item View Item