Pengaruh waktu pengukusan jagung manis dan metode pemanasan susu kedelai jagung terhadap sifat fisikokimia dan organoleptiknya

Chandra, Susan (2013) Pengaruh waktu pengukusan jagung manis dan metode pemanasan susu kedelai jagung terhadap sifat fisikokimia dan organoleptiknya. Undergraduate thesis, Widya Mandala Catholic University Surabaya.

[thumbnail of ABSTRAK]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (73kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (188kB)
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (43kB)
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (204kB)
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (234kB)
[thumbnail of BAB 6]
Preview
Text (BAB 6)
BAB 6.pdf

Download (85kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (453kB)

Abstract

Susu kedelai jagung merupakan salah satu produk diversifikasi minuman susu kedelai. Waktu pengukusan jagung manis dan metode pemanasan susu kedelai jagung merupakan tahapan proses yang mempengaruhi sifat fisikokimia dan organoleptik susu kedelai jagung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh waktu pengukusan jagung manis dan metode pemanasan terhadap sifat fisikokimia dan organoleptik susu kedelai jagung manis. Rancangan penelitian yang digunakan adalah Rancangan Acak Kelompok (RAK) tersarang, yang terdiri atas dua faktor dan empat kali ulangan. Faktor yang menjadi sarang adalah metode pemanasan susu kedelai jagung yang dilakukan secara pasteurisasi dan sterilisasi sedangkan faktor yang tersarang adalah waktu pengukusan jagung dengan taraf 10 menit, 20 menit dan 30 menit. Parameter yang diamati adalah Total Padatan Terlarut (TPT), kadar gula total, kadar protein, viskositas, kestabilan koloid dan uji organoleptik kesukaan rasa dan warna. Data dianalisa dengan Analysis of Variance pada α= 5% untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh perlakuan dan jika terdapat pengaruh yang nyata dilanjutkan dengan uji Duncan’s Multiple Range Test (DMRT) untuk mengetahui perbedaan antar taraf perlakuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa semakin lama waktu pengukusan jagung kuning meningkatkan kadar gula total dan kadar protein susu kedelai jagung manis, tetapi nilai viskositas, TPT dan kestabilan koloid semakin menurun. Pemanasan secara pasteurisasi menghasilkan produk dengan TPT, kadar gula total, viskositas dan kestabilan koloid yang lebih tinggi dibandingkan pemanasan secara sterilisasi. Perlakuan waktu pengukusan jagung kuning dan perbedaan metode pemanasan susu kedelai jagung tidak berpengaruh terhadap kesukaan warna dan rasa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: ["eprint_fieldopt_department_Faculty of Agricultural Technology" not defined]
Uncontrolled Keywords: susu kedelai jagung, jagung manis, pengukusan, pasteurisasi, sterilisasi
Subjects: Agriculture and Food Technology
Divisions: Faculty of Agricultural Technology > Food Technology Study Program
Depositing User: Thomas Aryanatan Lena
Date Deposited: 09 Aug 2017 08:40
Last Modified: 09 Aug 2017 08:40
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/12110

Actions (login required)

View Item View Item