Pengaruh proposi beras dan pati kentang terhadap sifat fisikokimia dan organoleptik kerupuk puli

Laksa, Adi Hanom T. (2014) Pengaruh proposi beras dan pati kentang terhadap sifat fisikokimia dan organoleptik kerupuk puli. Project Report (PKL, PKIPP, Magang D3, Praktik Kerja Profesi Apoteker, Profesi Guru, Profesi Ners dan Profesi Insiyur). Widya Mandala Catholic University Surabaya. (Unpublished)

[thumbnail of ABSTRAK]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (40kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (212kB)
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (40kB)
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (134kB)
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (116kB)

Abstract

Kerupuk merupakan salah satu makanan khas yang disukai sebagian masyarakat baik di kalangan anak-anak maupun orang dewasa sebagai lauk pauk maupun makanan kecil. Menurut Wahyuni (2008), kerupuk terbuat dari tepung pati dengan penambahan bahan-bahan lainnya dan bahan tambahan makanan yang diijinkan. Salah satu jenis kerupuk adalah kerupuk puli. Kerupuk puli merupakan kerupuk yang banyak dikonsumsi di masyarakat karena umum dikonsumsi sebagai selingan atau lauk pauk yang dikonsumsi dalam jumlah kecil. Dalam pembuatan kerupuk, penambahan pati dilakukan dengan tujuan untuk membantu pengembangan produk. Rancangan penelitian yang digunakan adalah Rancangan Acak Kelompok (RAK) non faktorial dengan satu faktor, yaitu proporsi beras dan pati kentang yang terdiri dari 7 (tujuh) taraf perlakuan, yaitu perbandingan beras:pati kentang 100:0, 95:5, 90:10, 85:15, 80:20, 75:25, dan 70:30. Masing-masing perlakuan diulang sebanyak 3 (tiga) kali. Parameter yang diuji adalah kadar air, volume pengembangan, densitas kamba, tekstur (daya patah), daya serap minyak, dan pengujian organoleptik (rasa, tekstur, dan kenampakan). Data yang diperoleh selanjutnya dianalisa dengan menggunakan uji ANOVA (Analysis of Varians) pada α = 5% yang bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh nyata terhadap parameter penelitian. Apabila ada pengaruh nyata, maka dilanjutkan dengan uji Duncan’s Multiple Range Test (DMRT) dengan α = 5% untuk menentukan taraf perlakuan mana yang memberikan perbedaan nyata. Pati Kentang memiliki kadar amilopektin yang tinggi, diduga dengan penambahan pati kentang memberikan pengaruh terhadap sifat fisikokimia dan organoleptik kerupuk puli. Penelitian bertujuan untuk mencari proporsi yang tepat sehingga diharapkan dapat menghasilkan kerupuk yang dapat diterima dengan baik oleh konsumen.

Item Type: Monograph (Project Report (PKL, PKIPP, Magang D3, Praktik Kerja Profesi Apoteker, Profesi Guru, Profesi Ners dan Profesi Insiyur))
Department: ["eprint_fieldopt_department_Faculty of Agricultural" not defined]
Uncontrolled Keywords: Kerupuk Puli, Beras, Pati Kentang
Subjects: Agriculture and Food Technology
Divisions: Faculty of Agricultural Technology > Food Technology Study Program
Depositing User: Thomas Aryanatan Lena
Date Deposited: 24 Aug 2017 04:32
Last Modified: 24 Aug 2017 07:21
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/12447

Actions (login required)

View Item View Item