Perubahan sifat fisikokimia tepung dan beras organik hitam varietas Jawa dengan pengemas Polipropilen selama penyimpanan

Limantoro, Shienny (2014) Perubahan sifat fisikokimia tepung dan beras organik hitam varietas Jawa dengan pengemas Polipropilen selama penyimpanan. Project Report (PKL, PKIPP, Magang D3, Praktik Kerja Profesi Apoteker, Profesi Guru, Profesi Ners dan Profesi Insiyur). Widya Mandala Catholic University Surabaya. (Unpublished)

[thumbnail of ABSTRAK]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (16MB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (134kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (197kB)
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (90kB)
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (188kB)
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (157kB)

Abstract

Pangan merupakan kebutuhan pokok terpenting bagi manusia. Beras merupakan makanan pokok masyarakat. Kesadaran masyarakat akan kesehatan dan keamanan pangan menyebabkan terjadinya pergeseran pola konsumsi masyarakat dari beras non organik ke beras organik. Beras hitam organik varietas Jawa merupakan salah satu jenis beras organik lokal yang dibudidayakan di Indonesia. Beras hitam organik masih kurang dimanfaatkan meskipun memiliki kandungan gizi yang lebih baik. Beras dapat diolah menjadi tepung yang dimanfaatkan masyarakat untuk diolah dan menghasilkan produk makanan lain. Tepung dan beras yang beredar di masyarakat dengan dikemas plastik polipropilen. Umur simpan beras berwarna selama enam bulan demikian pula pada tepung berasnya. Oleh karena itu dilakukan penelitian mengenai pengaruh lama penyimpanan terhadap perubahan sifat fisikokimia tepung dan beras organik hitam varietas Jawa. Rancangan penelitian yang digunakan adalah RAK (Rancangan Acak Kelompok) tersarang dengan faktor lama penyimpanan yang tersarang dalam ada tidaknya proses penepungan dengan pengulangan sebanyak tiga kali. Parameter yang diamati meliputi kadar air, kadar amilosa, dan kemampuan swelling. Data akan dianalisa dengan uji ANOVA (Analysis of Varians) pada !=5%, jika terdapat beda nyata, maka dilakukan analisa lanjut menggunakan uji DMRT (Duncan Multiple Range Test) pada !=5%.

Item Type: Monograph (Project Report (PKL, PKIPP, Magang D3, Praktik Kerja Profesi Apoteker, Profesi Guru, Profesi Ners dan Profesi Insiyur))
Uncontrolled Keywords: beras hitam, tepung beras hitam, dan sifat fisikokimia
Subjects: Agriculture and Food Technology
Divisions: Faculty of Agricultural Technology > Food Technology Study Program
Depositing User: Thomas Aryanatan Lena
Date Deposited: 24 Aug 2017 08:09
Last Modified: 24 Aug 2017 08:09
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/12459

Actions (login required)

View Item View Item