Pengaruh konsentrasi hidroksipropil metilselulosa (HPMC) terhadap karakteristik fisikokimia dan organoleptik selai jeruk lembaran

Monica, Agustin T. (2014) Pengaruh konsentrasi hidroksipropil metilselulosa (HPMC) terhadap karakteristik fisikokimia dan organoleptik selai jeruk lembaran. Project Report (PKL, PKIPP, Magang D3, Praktek Kerja Profesi Apoteker). Widya Mandala Catholic University Surabaya. (Unpublished)

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (44kB) | Preview
[img] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (331kB)
[img] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (29kB)
[img] Text (BAB 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (175kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (106kB)

Abstract

Selai merupakan salah satu produk olahan buah yang sudah dikenal dan digemari oleh masyarakat sebagai bahan pelengkap konsumsi roti tawar. Masyarakat modern yang pola hidupnya berubah menuntut segala sesuatunya menjadi lebih praktis, sehingga selai buah oles pada umumnya diolah menjadi selai lembaran. Pengolahan buah jeruk menjadi selai lembaran merupakan modifikasi dari selai oles yang dianggap kurang praktis dalam penyajiannya. Sari buah jeruk diolah menjadi selai lembaran sebagai salah satu usaha untuk meningkatkan kualitas dan memperpanjang umur simpannya. Selai lembaran dapat meningkatkan nilai dari produk selai menjadi lebih efisien dan praktis. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui sifat fisikokimia dan organoleptik selai jeruk lembaran dengan penambahan konsentrasi HPMC yang berbeda. Pembuatan selai jeruk lembaran dibuat dengan penambahan agar sebagai gelling agent dan HPMC yang berfungsi sebagai penstabil. Rancangan penelitian yang digunakan adalah Rancangan Acak Kelompok (RAK) dengan satu faktor yaitu HPMC sebanyak tujuh level (0; 0,2; 0,4; 0,6; 0,8; 1,0; dan 1,2%). Setiap perlakuan akan dilakukan pengulangan sebanyak tiga kali. Parameter yang diuji meliputi kadar air, tekstur, pH, sineresis, TPT (Total Padatan Terlarut), warna, kadar serat, dan organoleptik (rasa, warna, tekstur, dan kehalusan lembaran). Data yang diperoleh secara statistik diuji dengan ANOVA (Analysis of Varians) pada α = 5% dan jika ada beda nyata maka akan dilanjutkan dengan Uji Beda Jarak Nyata Duncan (Duncan’s Multiple Range Test) untuk menentukan taraf perlakuan mana yang memberikan perbedaan nyata. Hasil yang diharapkan dari penelitian ini, yaitu diharapkan dapat meningkatkan karakteristik fisikokimia selai lembaran dan menurunkan tingkat sineresis yang terjadi serta rasa dan tekstur yang dapat diterima oleh konsumen.

Item Type: Monograph (Project Report (PKL, PKIPP, Magang D3, Praktek Kerja Profesi Apoteker))
Uncontrolled Keywords: Selai merupakan salah satu produk olahan buah yang sudah dikenal dan digemari oleh masyarakat sebagai bahan pelengkap konsumsi roti tawar. Masyarakat modern yang pola hidupnya berubah menuntut segala sesuatunya menjadi lebih praktis, sehingga selai buah oles pada umumnya diolah menjadi selai lembaran. Pengolahan buah jeruk menjadi selai lembaran merupakan modifikasi dari selai oles yang dianggap kurang praktis dalam penyajiannya. Sari buah jeruk diolah menjadi selai lembaran sebagai salah satu usaha untuk meningkatkan kualitas dan memperpanjang umur simpannya. Selai lembaran dapat meningkatkan nilai dari produk selai menjadi lebih efisien dan praktis. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui sifat fisikokimia dan organoleptik selai jeruk lembaran dengan penambahan konsentrasi HPMC yang berbeda. Pembuatan selai jeruk lembaran dibuat dengan penambahan agar sebagai gelling agent dan HPMC yang berfungsi sebagai penstabil. Rancangan penelitian yang digunakan adalah Rancangan Acak Kelompok (RAK) dengan satu faktor yaitu HPMC sebanyak tujuh level (0; 0,2; 0,4; 0,6; 0,8; 1,0; dan 1,2%). Setiap perlakuan akan dilakukan pengulangan sebanyak tiga kali. Parameter yang diuji meliputi kadar air, tekstur, pH, sineresis, TPT (Total Padatan Terlarut), warna, kadar serat, dan organoleptik (rasa, warna, tekstur, dan kehalusan lembaran). Data yang diperoleh secara statistik diuji dengan ANOVA (Analysis of Varians) pada α = 5% dan jika ada beda nyata maka akan dilanjutkan dengan Uji Beda Jarak Nyata Duncan (Duncan’s Multiple Range Test) untuk menentukan taraf perlakuan mana yang memberikan perbedaan nyata. Hasil yang diharapkan dari penelitian ini, yaitu diharapkan dapat meningkatkan karakteristik fisikokimia selai lembaran dan menurunkan tingkat sineresis yang terjadi serta rasa dan tekstur yang dapat diterima oleh konsumen. Buah Jeruk, Selai Lembaran, HPMC (Hidroksipropil Metilselulosa).
Subjects: Agriculture and Food Technology
Divisions: Faculty of Agricultural Technology > Food Technology Study Program
Depositing User: Thomas Aryanatan Lena
Date Deposited: 25 Aug 2017 01:52
Last Modified: 25 Aug 2017 01:52
URI: http://repository.wima.ac.id/id/eprint/12469

Actions (login required)

View Item View Item