Pengaruh konsentrasi na-alginat sebagai penjerat sel Lactobacillus acidophilus FNCC 0051 dan lama penyimpanan terhadap jumlah sel yang terlepas dan karakter carrier

Ratnasari, Nike (2013) Pengaruh konsentrasi na-alginat sebagai penjerat sel Lactobacillus acidophilus FNCC 0051 dan lama penyimpanan terhadap jumlah sel yang terlepas dan karakter carrier. Project Report (PKL, PKIPP, Magang D3, Praktik Kerja Profesi Apoteker, Profesi Guru, Profesi Ners dan Profesi Insiyur). Widya Mandala Catholic University Surabaya. (Unpublished)

[thumbnail of ABSTRAK]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (101kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (259kB)
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (85kB)
[thumbnail of BAB 4]
Preview
Text (BAB 4)
BAB 4.pdf

Download (478kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (215kB)

Abstract

Sinbiotik adalah gabungan dari prebiotik dan probiotik yang masing¬masing komponennya dapat memberikan keuntungan bagi kesehatan manusia jika dikonsumsi. Teknik imobilisasi sudah banyak dikembangkan untuk produk¬produk sinbiotik dengan tujuan untuk melindungi probiotik yang dijerat dari lingkungan yang tidak menguntungkan dan tetap dapat bermanfaat bagi tubuh manusia. Adapun prebiotik yang digunakan adalah dari golongan gula alkohol yaitu isomalt. Bahan pembentuk matriks gel dalam teknik imobilisasi yang umum digunakan adalah natrium alginat. Konsentrasi natrium alginat yang digunakan mempengaruhi kekuatan matriks dalam menjerat sel. Selain konsentrasi natrium alginat, penyimpanan yang biasanya dilakukan pada produk carrier juga akan mempengaruhi kekuatan matriks penjerat yang akan berpengaruh terhadap jumlah sel yang terlepas serta karakter carrier yang digunakan. Dalam penelitian ini, dibuat sinbiotik berupa sel Lactobacillus acidophilus yang terimobil pada berbagai konsentrasi Na-alginat sebagai bahan pembentuk matriks gel dengan penambahan isomalt sebagai prebiotik. Sinbiotik dibawa masuk dalam saluran pencernaan dalam suatu makanan pembawa (carrier) yaitu susu (susu UHT) dan dilakukan penyimpanan pada suhu refrigerator (±5oC) yang dapat berpengaruh terhadap jumlah sel yang terlepas maupun karakter carrier. Rancangan penelitian yang digunakan adalah Rancangan Acak Kelompok (RAK) desain faktorial yang terdiri dari dua faktor yaitu konsentrasi Na-alginat dan lama penyimpanan. Masing-masing faktor terdiri dari 3(tiga) level yaitu konsentrasi Na-alginat 1%, 1,5% dan 2% dan lama penyimpanan hari ke-0, 10 dan 20. Pengulangan yang dilakukan sebanyak 3(tiga) kali. Parameter yang diuji yaitu jumlah sel yang terlepas (ALT), pH dan total asam laktat carrier (susu UHT). Data yang diperoleh dianalisa secara statistik dengan uji ANOVA (Analysis of Varians) pada α = 5% dan dilanjutkan dengan uji Beda Jarak Nyata Duncan (Duncan’s Multiple Range Test) untuk menentukan taraf perlakuan mana yang memberikan beda nyata.

Item Type: Monograph (Project Report (PKL, PKIPP, Magang D3, Praktik Kerja Profesi Apoteker, Profesi Guru, Profesi Ners dan Profesi Insiyur))
Uncontrolled Keywords: Imobil, alginat, isomalt
Subjects: Agriculture and Food Technology
Divisions: Faculty of Agricultural Technology > Food Technology Study Program
Depositing User: Thomas Aryanatan Lena
Date Deposited: 05 Sep 2017 04:57
Last Modified: 05 Sep 2017 04:57
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/12528

Actions (login required)

View Item View Item