Survei tentang dukungan sosial dan pandangan orangtua terhadap informasi pengasuhan anak dan program parenting

Agnes, Sumargi (2015) Survei tentang dukungan sosial dan pandangan orangtua terhadap informasi pengasuhan anak dan program parenting. In: Proceeding Seminar dan Temu Ilmiah Ikatan Psikologi Perkembangan Indonesia (IPPI) IX: Optimalisasi peran keluarga untuk meningkatkan ketahanan mental menghadapi tantangan globalisasi. Universitas Hang Tuah (UHT) Press, Surabaya, pp. 63-76. ISBN 978-979-3153-94-0

[img]
Preview
Text (Survei tentang dukungan sosial dan pandangan orang tua terhadap informasi pengasuh anak dan program parenting)
survei full_2.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text (Survei tentang dukungan sosial dan pandangan orang tua terhadap informasi pengasuh anak dan program parenting)
13-Survei_tentang_Hasil_cek_plagiasi.pdf

Download (5MB) | Preview
[img]
Preview
Text (Survei tentang dukungan sosial dan pandangan orangtua terhadap informasi pengasuhan anak dan program parenting_peer_review)
13-R1&2_Survei_tentang_.pdf

Download (253kB) | Preview

Abstract

Dalam menjalankan perannya mengasuh anak, orangtua membutuhkan dukungan, antara lain dalam bentuk informasi seputar parenting atau pengasuhan anak yang diperoleh dari berbagai sumber, seperti media massa, ternan dan keluarga. Informasi yang diterima adakalanya tidak bersesuaian satu sama lain sehingga membingungkan orangtua. Program parenting berbasis bukti (evidence-based parenting program) mernberikan informasi pengasuhan anak berdasarkan hasil penelitian yang terpercaya, namun program parenting ini belum menjangkau para orangtua di Indonesia. Penelitian survei ini menggambarkan dukungan sosial yang diterima oleh orangtua Indonesia dan pandangan orangtua terhadap program parenting. Dua ratus sepuluh orangtua yang memiliki anak berusia 2-12 tahun terlibat dalam penelitian ini. Kuesioner dalam penelitian ini diadaptasi dari International Parent Survey. Hasil penelitian menunjukkan bahwa intensitas dukungan yang diterima oleh orangtua relatif besar. Sebagian besar orangtua menerima informasi parenting dari anggota keluarga, media massa dan teman. Mayoritas orangtua tidak mengenal program parenting narnun menyatakan ingin berpartisipasi dalam program parenting jika ada. Bentuk penyampaian informasi yang dianggap bermanfaat antara lain artikel surat kabar, pembelajaran mandiri dan seminar. Pengembang program parenting diharapkan dapat merancang atau memodifikasi program parenting sehingga relevan dengan kebutuhan orangtua Indonesia.

Item Type: Book Section
Uncontrolled Keywords: dukungan sosial; pandangan orangtua; parenting; program berbasis bukti.
Subjects: Psychology
Divisions: Proceeding > Faculty of Psychology
Depositing User: Agnes Maria Sumargi
Date Deposited: 25 Sep 2017 03:24
Last Modified: 30 May 2018 06:23
URI: http://repository.wima.ac.id/id/eprint/12574

Actions (login required)

View Item View Item