Pembuatan selai kacang tanah (Arachis hypogaea L.) berbentuk lembaran dengan pemanfaatan tepung agar-agar sebagai Texturizer

Stephanie, . (2013) Pembuatan selai kacang tanah (Arachis hypogaea L.) berbentuk lembaran dengan pemanfaatan tepung agar-agar sebagai Texturizer. Technical Report (Perencanaan Unit Pengolahan Pangan (FTP), Makalah Komprehensif (FTP)). Widya Mandala Catholic University Surabaya. (Unpublished)

[thumbnail of ABSTRAK]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (23kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (265kB)
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (42kB)
[thumbnail of BAB 4]
Preview
Text (BAB 4)
BAB 4.pdf

Download (24kB) | Preview

Abstract

Pada saat ini, pola kehidupan masyarakat modern telah banyak berubah dan menuntut segala sesuatu yang serba praktis salah satunya adalah selai untuk pendamping roti. Selai yang ada di pasaran adalah selai yang banyak berasal dari buah – buahan (nanas, strawberry, blueberry, apel, dll) dan selai yang mengandung lemak tinggi (selai kacang tanah dan selai coklat). Sampai saat ini ada berbagai macam bentuk selai yaitu selai setengah padat dan selai padat. Selai padat merupakan selai yang berbentuk lembaran yang berukuran 8,5 x 8,5 cm dan memiliki banyak keunggulan daripada selai oles yaitu daya awet lebih lama dan lebih mudah dalam penyajiannya. Dalam memproduksi selai lembaran diperlukan texturizer, salah satunya adalah penambahan tepung agar – agar. Pemanfaatan agar – agar sebagai pembentuk gel menghasilkan karakteristik tekstur dan mouthfeel selai kacang tanah lembaran yang tidak terlalu kaku dan tidak terlalu lembek. Agar – agar yang dapat ditambahkan pada selai kacang tanah adalah agar – agar dengan konsentrasi 0,9% sebagai texturizer. Dengan penambahan agar – agar jenis agarophyte maka dapat menurunkan sineresis pada selai kacang tanah lembaran. Selain itu diharapkan produk ini mampu menjadi salah satu alternatif diversifikasi pengolahan pangan semi basah yang telah ada.

Item Type: Monograph (Technical Report (Perencanaan Unit Pengolahan Pangan (FTP), Makalah Komprehensif (FTP)))
Uncontrolled Keywords: selai kacang tanah, agar -agar, dan selai lembaran 8,5 x 8,5 cm
Subjects: Agriculture and Food Technology
Divisions: Faculty of Agricultural Technology > Food Technology Study Program
Depositing User: Thomas Aryanatan Lena
Date Deposited: 27 Oct 2017 07:24
Last Modified: 05 Jun 2018 04:23
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/12723

Actions (login required)

View Item View Item