Rancangan distribusi dan transportasi carbonated softdrink dengan kapasitas 1.152.000 botol @ 200 mL/hari

Kumalasari, Fenny (2011) Rancangan distribusi dan transportasi carbonated softdrink dengan kapasitas 1.152.000 botol @ 200 mL/hari. Technical Report (Perencanaan Unit Pengolahan Pangan, Makalah Komprehensif). Faculty of Agricultural Technology, Surabaya. (Unpublished)

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
Abstrak.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
Bab 1.pdf

Download (124kB) | Preview
[img] Text (BAB 2)
Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (148kB)
[img] Text (BAB 3)
Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (185kB)
[img] Text (BAB 4)
Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (142kB)
[img] Text (BAB 5)
Bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (134kB)
[img]
Preview
Text (BAB 6)
Bab 6.pdf

Download (125kB) | Preview

Abstract

Carbonated softdrink ini memiliki bahan baku yaitu air, gula, CO2, dan konsentrat. Produksi carbonated softdrink ini semakin lama akan semakin meningkat dikarenakan permintaaan konsumen terhadap carbonated softdrink tersebut semakin lama semakin meningkat. Peningkatan permintaan konsumen tersebut akan membuat suatu peluang bagi pengusaha carbonated softdrink untuk menyediakan kebutuhan tersebut. Carbonated softdrink ini dapat sampai ke tangan konsumen dengan jalur distribusi dan sarana transportasi. Saluran distribusi dan sarana transportasi ini penting untuk menyediakan produk sehingga konsumen dapat memperolehnya dengan mudah ditempat yang diinginkan atau terdekat. Perusahaan carbonated softdrink yang menjadi objek dalam tugas PUPP ini merupakan industri carbonated softdrink di Jawa Tengah. Lokasi pabrik berada di Jl. Raya Soekarno-Hatta Km 30 Harjosari, Bawen, Kab. Semarang, Jawa Tengah. Kapasitas produksi sebanyak 1.152.000 botol @ 200 mL /hari dengan kemasan RGB (Returnable Glass Bottle). Perusahaan dari carbonated softdrink memilih untuk menggunakan dua tingkat perantara yaitu Produsen-Pedagang Besar-Pengecer-Konsumen dan menggunakan strategi distribusi intensif. Distribusi yang digunakan oleh perusahaan ada dua jenis yaitu Sistem Direct dan Sistem Indirect. Pada rancangan distribusi langsung (direct) ini perusahaan akan mendistribusikan produknya ke sales-sales center yang terbagi menjadi 3 (tiga) wilayah yaitu wilayah Utara, wilayah Selatan, dan wilayah Timur. Perusahaan mendistribusikan produk secara langsung (direct) melalui sales center. Sistem distribusi tidak langsung (indirect) yang digunakan oleh perusahaan carbonated softdrink bekerjasama dengan AMC (Area Marketing Contractor). AMC terikat perjanjian kontrak dengan pabrik carbonated softdrink. Transportasi yang digunakan untuk mendistribusikan produk adalah truk kontainer Mitshubisi Fuso milik perusahaan. Total biaya distribusi untuk pengiriman selama satu tahun adalah Rp 6.197.494.000,- dan biaya ini dianggap memenuhi standar kelayakan untuk biaya pengiriman barang.

Item Type: Monograph (Technical Report (Perencanaan Unit Pengolahan Pangan, Makalah Komprehensif))
Uncontrolled Keywords: Distribusi, transportasi, carbonated softdrink
Subjects: Agriculture and Food Technology
Divisions: Faculty of Agricultural Technology > Food Technology Study Program
Depositing User: Users 15 not found.
Date Deposited: 27 Feb 2015 06:54
Last Modified: 27 Feb 2015 06:54
URI: http://repository.wima.ac.id/id/eprint/1275

Actions (login required)

View Item View Item