Hubungan antara adversity quetient dengan stres akademik pada mahasiswa tahun pertama Fakultas Psikologi Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya

Rosa, Gabriela Krista (2017) Hubungan antara adversity quetient dengan stres akademik pada mahasiswa tahun pertama Fakultas Psikologi Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya. Undergraduate thesis, Widya Mandala Catholic University Surabaya.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (737kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (372kB) | Preview
[img] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (241kB)
[img] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (315kB)
[img] Text (BAB 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (480kB)
[img] Text (BAB 5)
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (229kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (373kB)

Abstract

Adversity Quotient (AQ) adalah sebuah konsep, ukuran dan peralatan yang memiliki dasar ilmiah untuk meningkatkan, mengetahui dan memperbaiki respon seseorang. Mahasiswa tahun pertama Fakultas Psikologi harus mengerjakan banyak tugas seperti membuat intervensi dan melakukan penelitian lapangan di berbagai mata kuliah. Di samping itu, mahasiswa juga harus menyelesaikan tugas makalah yang diberikan oleh dosen. Hal inilah yang dapat memicu mahasiswa tahun pertama mengalami stres akademik akibat banyaknya tugas-tugas akademik yang harus dijalani. Stres akademik adalah respon yang subjektif dari mahasiswa terhadap tuntutan dari lingkungan untuk mendapatkan prestasi dan keunggulan dalam kondisi persaingan akademik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara AQ dengan stres akademik pada mahasiswa tahun pertama Fakultas Psikologi UKWMS. Subjek dalam penelitian ini (N = 77) adalah seluruh mahasiswa tahun pertama Fakultas Psikologi Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya. Pengumpulan data dengan menggunakan total population study. Teknik pengambilan data, peneliti menggunakan skala stres akademik dan skala Adversity Quotient. Data tersebut dianalisis menggunakan teknik korelasi parametrik pearson correlation. Hasil analisis menunjukkan nilai p sebesar 0,001 (p < 0,05) yang berarti ada hubungan yang signifikan antara stres akademik dan Adversity Quotient pada mahasiswa tahun pertama di Fakultas Psikologi Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya. Hal ini menunjukkan bahwa dengan AQ yang tinggi mahasiswa dapat mengatasi situasi sulitnya sehingga stres akademik cenderung menjadi rendah. Saran yang dapat peneliti berikan untuk mahasiswa tahun pertama adalah mengetahui penyebab dari masalah yang dialami dalam perkuliahan yang dapat membuatnya stres dengan cara merefleksikan hal-hal apa saja yang membuatnya mengalami stres akademik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: ["eprint_fieldopt_department_Faculty of Psychology" not defined]
Uncontrolled Keywords: Stres akademik, Adversity Quotient, mahasiswa tahun pertama
Subjects: Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Psychology Study Program
Depositing User: Users 4818 not found.
Date Deposited: 09 Dec 2017 05:55
Last Modified: 21 Dec 2017 13:26
URI: http://repository.wima.ac.id/id/eprint/12845

Actions (login required)

View Item View Item